Sukses

Jersey Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 Buatan Indonesia

Indonesia ternyata punya peran penting untuk Timnas Inggris yang tampil di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ternyata punya peran penting untuk Timnas Inggris saat tampil di Piala Eropa 2016. Indonesia merupakan negara yang membuat kostum yang dikenakan Wayne Rooney dan kawan-kawan selama berlaga di Prancis.

Nike, selaku apparel resmi Timnas Inggris membuat beberapa terobosan dalam seragam The Three Lions. Jersey kandang timnas Inggris berwarna putih di bagian badan dan biru pudar di bagian lengan dan bahu.

Baca Juga

  • Lee Chong Wei Mulai Takuti Tunggal Putra Indonesia
  • Kisah Muhammad Ali: Kehilangan Sepeda dan Kemenangan Pertama
  • Momen Piala Eropa: Balotelli Menangis Dipelukan Sang Bunda

Sedangkan jersey tandang timnas Inggris berwarna merah terang meniru tampilan saat mengalahkan Brasil 2-0 di Maracana pada tahun 1984.

Sayangnya, media asal Inggris, The Sun menghujat Nike dalam pembuatan jersey Timnas Inggris. Bukan soal desain kostumnya, melainkan pekerja Indonesia yang dibayar murah.

Foto: Nike

PT Grand Best Indonesia yang ditunjuk Nike membuat jersey Timnas Inggris membayar pegawainya sangat rendah. Satu orang pegawai mendapat bayaran sebesar 165 pounds atau setara dengan Rp 3,2 juta per bulan.

Tentu saja hal itu membuat miris. Pasalnya, satu jersey buatan Indonesia di jual di toko-toko Inggris dengan harga 60 pounds atau senilai dengan Rp 1,1 juta.

"Wah harga jersey di sana (Inggris) hampir setengah gaji kami selama sebulan. Di Indonesia, uang sebanyak itu (Rp 1,1 juta) bisa membeli laptop, televisi dan sepeda anak-anak," ucap Karina salah satu pekerja PT Grand Best Indonesia, yang nama lengkapnya minta dirahasiakan.

The Sun juga mengungkap 90 persen pegawai PT Grand Best Indonesia adalah wanita. Mereka tinggal di pemukiman tidak layak yang penuh dengan sampah serta ayam dan kambing berkeliaran bebas.

Padahal, Tuntex selaku induk PT Grand Best Indonesia mengatakan bahwa semua produknya sangat higienis. "Pelanggan utama kami meliputi beberapa merek terkenal. Kami juga menghargai hak asasi manusia, keamanan, dan lingkungannya," bunyi pernyataan Tuntex dalam situs resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.