Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Turki

Pada Piala Eropa 2016 di Prancis, Turki tergabung di Grup B bersama Spanyol, Republik Ceko, dan Kroasia.

Liputan6.com, Paris - Sejak menembus Piala Eropa 1996, Turki terus melakukan perkembangan yang signifikan. Bahkan, mereka sempat berpartisipasi di Piala Dunia 2012.

Pada Piala Eropa 2016 di Prancis, Turki tergabung di Grup B bersama Spanyol, Republik Ceko, dan Kroasia. Mereka bakal menjalani laga pertamanya pada 12 Juni 2016 di Parc des Princes.

Tahukah Anda
Setelah gagal lolos pada sembilan kualifikasi Piala Eropa pertamanya, Turki sukses melaju ke putaran final pada empat dari enam Piala Eropa terakhir.

Julukan: Ay-Yildizlilar
Posisi FIFA: 13
Posisi Terbaik: Semifinal Piala Eropa 1996

Kualifikasi
Di babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Turki berada di posisi ketiga dalam klasemen Grup A. Mereka kalah bersaing dari Republik Ceko dan Islandia. Dalam peraturan, tim yang berada di posisi ketiga akan melalui babak play off bila ingin tampil di Prancis.

Untungnya, Turki terpilih sebagai tim peringkat tiga terbaik dengan mengemas 16 poin. Lebih baik dari Hungaria yang mengoleksi 15 poin. Alhasil, tim berjulukan Ay-Yildizlilar itu bisa langsung lolos ke putaran final.

Pelatih: Fatih Terim
Fatih Terim (Ozan Kose/AFP)

Pelatih Timnas Turki, Fatih Terim bukanlah seorang nakhoda amatir. Dia sudah malang melintang melatih tim Eropa, seperti Galatasaray, Fiorentina, hingga AC Milan. Terim sangat sukses saat melatih Galatasaray. Dia berhasil memenangkan enam trofi Liga Turki, 2 Turkish Cup, dan satu gelar UEFA Cup pada musim 1999/2000.

Pria berusia 62 tahun itu menjadi nakhoda Turki sejak 2013. Terim mencatatkan 20 kemenangan, empat hasil imbang, dan enam kekalahan. Persentase kemenangan Turki bersama Terim sebesar 66,67 persen.

Partisipasi Piala Eropa
(1996, 2000, 2008, 2016)
Pada Piala Eropa 2008 di Swiss dan Austria, Turki yang tidak diunggulkan malah tampil mengejutkan. Saat di babak penyisihan Grup A, Turki keluar sebagai runner up dengan enam poin. Mereka berhasil menyingkirkan Republik Ceko.

Di babak delapan besar, Turki berhasil menyingkirkan Kroasia yang diperkuat dua gelandang top Eropa, Luca Modric dan Ivan Rakitic. Turki menyingkirkan Kroasia dalam drama adu penalti dengan skor 3-1. Sayangnya di babak semifinal, langkah Turki harus terhenti. Mereka dikalahkan Jerman dengan skor 2-3.

Jadwal
12 Juni 2016 Turki vs Kroasia
17 Juni 2016 Spanyol vs Turki
21 Juni 2016 Republik Ceko vs Turki

Bintang: Arda Turan
Bintang tim nasional Turki, Arda Turan. (AFP/STF).

Gelandang Barcelona, Arda Turan menjadi motor serangan Turki di Piala Eropa 2016. Dari skuat yang dipersiapkan Fatih Terim di Piala Eropa, Turan merupakan pemain paling berpengalaman di Timnas Turki.

Baca Juga

  • Piala Eropa: Antara Profesionalitas dan Kewajiban Berpuasa
  • 5 Kiper Terbaik Eropa Musim 2015/2016
  • Mourinho Datang, Tiket Musiman MU Ludes Terjual

Mantan pemain Atletico Madrid itu sudah membuat 89 penampilan dan 17 gol untuk Ay-Yildizlilar. Musim ini bersama Barcelona, Turan memenangkan dua gelar, yakni La Liga dan Copa Del Rey.

Bila dibandingkan dengan skuat Barcelona lainnya, tingkat keberhasilan Turan dalam melepaskan umpan sangat baik, yakni 92 persen. Turan tercatat melepaskan 521 umpan pendek, 23 umpan panjang, dan 11 umpan sundulan.

Skuat
Kiper: Harun Tekin (Bursaspor), Onur Kıvrak (Trabzonspor), Volkan Babacan (İstanbul Başakşehir).

Bek: Gökhan Gönül (Fenerbahçe), Şener Özbayraklı (Fenerbahçe), Ahmet Çalık (Gençlerbirliği), Hakan Balta (Galatasaray), Mehmet Topal (Fenerbahçe), Semih Kaya (Galatasaray), Caner Erkin (Fenerbahçe), İsmail Köybaşı (Beşiktaş).

Gelandang: Emre Mor (Nordsjælland), Volkan Şen (Fenerbahçe), Hakan Çalhanoğu (Bayer Leverkusen), Nuri Şahin (Borussia Dortmund), Oğuzhan Özyakup (Beşiktaş), Ozan Tufan (Fenerbahçe), Selçuk İnan (Galatasaray), Arda Turan (Barcelona), Olcay Şahan (Beşiktaş).

Striker: Burak Yılmaz (Beijing Guoan), Cenk Tosun (Beşiktaş), Yunus Mallı (Mainz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.