Sukses

Belum Teken Kontrak, Marquez Pastikan Bertahan di Honda

Marquez juga tak sabar melihat persaingan pada MotoGP 2017.

Liputan6.com, Catalunya - Honda kini tak perlu risau mengenai status Marc Marquez di musim 2017. Jelang bergulirnya MotoGP Catalunya 2016, Marquez memastikan akan tetap membela Honda meski belum meneken kontrak baru secara resmi.

Meski musim 2016 belum berakhir, beberapa tim sudah melakukan gebrakan soal skuat pembalap mereka. Tak sedikit yang memutuskan untuk mempertahankan pembalap mereka saat ini. Namun, tak sedikit pula tim yang melakukan pergantian susunan pembalap.

Baca Juga

  • Jika Latih Timnas Indonesia, Ini Target RD di Piala AFF 2016
  • 5 Pemain Bintang Ini Absen di Piala Eropa
  • Menanti Amukan Marquez di MotoGP Catalunya

Paling mengejutkan adalah keputusan Jorge Lorenzo untuk hijrah dari Movistar Yamaha ke Ducati. Ia akan berstatus pembalap Ducati setelah musim 2016 berakhir. Untuk mengisi kekosongan pembalap, Yamaha pun mengumumkan telah merekrut Maverick Vinales, pembalap Suzuki.

Bursa transfer para pembalap top tak hanya sampai di situ. Kepergian Vinales membuat Suzuki bergerak cepat menemukan pembalap baru. Kini, Suzuki sudah resmi mengontrak Andrea Iannone dari Ducati dan akan berlaku setelah musim ini berakhir.

Kini, giliran Marquez yang menjejaki langkah mereka untuk mengumumkan masa depannya. Meski belum meneken kontrak baru, pembalap berjuluk The Baby Alien itu bisa memastikan akan tetap bertahan di Honda pada musim 2017.

"Saya belum menandatangani apa pun. Tapi, ini akan menjadi motor saya pada tahun depan. Sebuah kontrak harus disusun dengan benar. Tahun ini pengecualian karena semuanya bergerak terlalu cepat. Pertama Valentino, kemudian Jorge. Saya tak menyukai hal itu," kata Marquez seperti dilansir Motorsport.

Ya, semua tim memang terlihat terlalu cepat mengambil keputusan mengenai susunan pembalap mereka pada musim 2017. Padahal, hal itu bisa saja mengganggu fokus para pembalap untuk meraih hasil maksimal di musim ini.

Sebelum Marquez, Honda pun sudah mengambil keputusan cepat soal status Dani Pedrosa. Ia dipastikan akan tetap bersama Honda hingga akhir musim 2018. Ducati juga sudah memperpanjang kontrak Andrea Dovizioso dengan durasi dua tahun.

Meski mengaku tak suka dengan hal itu, Marquez juga menyatakan kepindahan beberapa pembalap akan membuat persaingan di MotoGP semakin ketat. "Akan sangat menarik melihat bagaimana Jorge bersama Ducati atau Vinales bersama Yamaha," tutur Marquez.

Susunan Pembalap Sementara MotoGP 2017:

Movistar Yamaha: Valentino Rossi, Maverick Vinales
Repsol Honda: Marc Marquez, Dani Pedrosa
Ducati: Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso
Suzuki: Andrea Iannone, Aleix Espargaro
Aprilia: Sam Lowes, ...
KTM: Bradley Smith, ...
Yamaha Tech 3: Jonas Folger, ....
LCR Honda: -
Marc VDS Honda: -
Avintia Ducati: -
Aspar Ducati: -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini