Sukses

Daftar Pemain Asing yang Pertama Kali Merumput di Indonesia

Torabika SC presented by IM3 Ooredoo diramaikan oleh banyak pemain asing anyar.

Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo resmi dihelat. 18 tim terbaik Indonesia akan saling bersaing demi meraih gelar juara.

Baca Juga

  • Terungkap, Leicester Bukan Incar Ranieri Tahun Lalu
  • Keluarga Berembuk Tentukan Proses Pemulihan El Loco
  • Begini Kondisi Mobil Rio Haryanto Usai Tabrakan di GP Rusia

Turnamen ini menjadi pelepas dahaga akan sebuah kompetisi jangka panjang di Tanah Air saat ini. Jadi, tak salah jika klub rela melakukan persiapan matang dan serius demi bisa menjadi yang terbaik.

Pada gelaran turnamen ini, PT Gelora Trisula Semesta selaku pengelola kompetisi menerapkan regulasi pemain asing yakni tiga pemain Non Asia plus satu pemain Asia. Regulasi tersebut yang membuat para klub berlomba-lomba mencari pemain asing terbaik yang bisa memberikan kontribusi besar untuk klub.

Tak hanya nama-nama pemain asing yang sudah familiar di sepak bola Indonesia yang jadi incaran, pemain yang baru pertama kali merumput pun tetap menjadi primadona bagi klub peserta. Banyaknya pemain asing yang baru pertama kali merasakan atmosfer sepak bola Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta Torabika SC presented by IM3 Ooredoo.

Oleh sebab itu, Liputan6.com mencoba merangkum nama-nama pemain asing yang baru mencicipi euforia sepak bola nasional:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

Persija Jakarta

Hong Soon Hook

Hong Soon Hook merupakan pemain asal Korea Selatan berusia 35 tahun. Pemain berposisi gelandang tengah ini mengawali karier bersama Daegu FC selama tiga musim.Gelandang senior asal negeri gingseng ini juga merupakan mantan pemain timnas Korea Selatan pada tahun 2005.

Performanya pada laga pertama melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, bisa dibilang memuaskan. Sebab, Hong mampu menjadi jendral lini tengah yang mampu mengalirkan bola ke depan serta juga baik dalam bertahan.

Persija Jakarta jarang sekali merekrut pemain asal Korea Selatan. Kehadiran Hong Soon Hook boleh jadi menjadi pemandangan baru yang sekaligus diharapkan bisa menciptakan pengaruh anyar kepada permainan Macan Kemayoran.

William Pacheco

Pemain bertahan Macan Kemayoran ini memiliki kelebihan yakni postur tubuh yang tinggi menjulang. William memiliki tinggi badan mencapai 196 meter.

Dia memulai karier dengan memperkuat klub divisi dua Brasil, Ferroviaria. Kariernya bisa dibilang terus berkembang lantaran sempat mencicipi berbagai klub besar Brasil seperti Corinthians dan juga Botafogo.

Keuntungan lain yang dimiliki William adalah dia masih berusia 24 tahun. Disinyalir duetnya bersama Maman Abdurahman yang senior bisa menjadi keuntungan bagi Macan Kemayoran di Torabika SC presented by IM3 Ooredoo.

Jose Adolfo Guerra

 Persija memiliki satu pemain asing yang baru pertama kali melakukan debut di Indonesia bernama Jose Guerra. Pemain berusia 29 tahun asal Kolombia ini berposisi sebagai penyerang.

 Ketajaman Guerra bisa dibilang cukup baik. Sebab, statistik mencatat ketika dia masih memerkuat klub Kolombia Envigado, Guerra mampu mencetak sembilan gol dari 14 laga. Namun, saat melawan Persipura, Guerra belum mendapatkan banyak kesempatan untuk membuktikan diri karena baru dimasukkan di babak kedua oleh pelatih Macan Kemayoran, Paulo Camargo.

3 dari 7 halaman

2

Semen Padang

Marcel Silva Sacramento

Marcel Sacramento mulai mencuri hati para pendukung Semen Padang berkat performa menawannya. Pemain asal Brasil ini mencuri perhatian publik Padang ketika mencetak empat gol pada laga uji coba melawan Pasaman Selection di Lapangan Imam Bonjol, Pasaman.

Rekam jejak kariernya bisa dibilang memang cukup impresif. Sejak 2009, Silva bergonta-ganti sebanyak tujuh klub. Total dia memainkan 98 laga sejak 2009 dan mencetak 15 gol. Teranyar, ketajaman Silva kembali terlihat saat mampu mencetak gol ke gawang PSM pada laga pertama TSC 2016.

Cassio Francisco De Jesus

Nama Cassio menjadi perhatian ketika dirinya disebut-sebut merupakan eks timnas U-20 Brasil. Pemain berposisi bek tengah ini mengawali karier bersama klub kasta ketiga Brasil, Guarani.Klub terakhir yang ia bela adalah Flamengo SP dan bermain sebanyak tujuh laga tanpa mencetak satu gol pun.

4 dari 7 halaman

3

Persela Lamongan


Mohammad Kdouh

Kdouh adalah penyerang muda yang tercatat masih aktif membela timnas Lebanon. Dia mengawali karier bersama Al-Nejmeh pada tahun 2011.

Pada tahun 2013, Kdouh hijrah ke Lithuania untuk memperkuat FK SÅ«duva. Di sana dia mencetak 11 gol dari 37 pertandingan. Sayang, debutnya bersama Persela harus tercoreng usai takluk 0-1 dari Gresik United.

Gresik United

Eduardo Maceil

Pemain asal Brasil memang ramai menghiasai Torabika SC presented by IM3 Ooredoo. Tak terkecuali Eduardo Marceil yang memperkuat Gresik United.

Sempat ingin dicoret lantaran performa yang biasa saja selama uji coba, Eduardo akhirnya tetap dipakai jasanya oleh Gresik. Pada laga pertamanya, Eduardo ternyata tampil cukup memuaskan.

Duetnya bersama Emile Mbamba membuat pertahanan Persela Lamongan yang menjadi lawan pertama Gresik United kelimpungan. Meski begitu, Eduardo masih harus kembali membuktikan diri dengan gol yang dia cetak.

5 dari 7 halaman

4

Bhayangkara Surabaya United

 Khairallah Abdelkbir

Khairallah beroperasi sebagai striker. Dia sempat mengikuti seleksi bersama Persija Jakarta. Sayang, dirinya gagal memukau Paulo Camargo yang pada akhirnya urung merekrutnya. Saat masih memperkuat klub Maroko, Métlaoui, Kharallah adalah pemain pelapis. Tercatat dia hanya mengemas kesempatan tiga kali bermain dan tidak mencetak satu gol pun.

Shane Malcolm

Shane pernah mencoba peruntungannya dengan bermain bersama PSM Makassar. Tapi, jajaran manajamen Juku Eja merasa tidak puas dan memilih melepas Shane.

Ternyata bersama Bhayangkara SU, Shane tampil menawan. Dia berhasil menjadi pengatur serangan tim berjulukan Bajul Ijo tersebut. Hal ini yang mebuat jajaran manajemen PSM sempat menyesal telah melepas Shane.

6 dari 7 halaman

5

Bali United

Nemanja Vidakovic

Bali United mendapat amunisi lini depan berkualitas dalam diri Nemanja Vidakovic. Penyerang 30 tahun asal Serbia itu memiliki rekam jejak apik di Eropa maupun asia. Paling menawan tentu terjadi pada musim 2011-2012. Kala itu, Vidakovic memperkuat tim FK Borac Banja Luka dan mencetak satu gol di ajang bergengsi Liga Champions Eropa.

Pembuktian Vidakovic terhadap kualitasnya juga tak butuh waktu lama. Pemain asal Serbia ini mampu mencetak gol indah dari luar kotak penalti saat Bali United imbang 1-1 melawan Pusamania Borneo FC.


Pusamania Borneo FC

Jad Noureddine

Jad merupakan pemain belakang berkebangsaan Lebanon. Dia terdaftar masih menjadi bagian dalam timnas Lebanon.Keputusan Pesut Etam merekrut Jad karena situasi genting lantaran bidikan pertama bek asal Irak, Hussein Alaa Hussein urung direkrut.

Pada laga pertama melawan Bali United, Jad mampu membuktikan diri bahwa dirinya bukan rekrutan yang salah. Dia mampu tampil apik berduet dengan Leonard Tupamahu di jantung pertahanan.

7 dari 7 halaman

6

Arema Cronus

Giron Marulanda

Giron merupakan penyerang yang direkrut Arema dari Bayswater City. Pemain yang memiliki tipikal penyerang pekerja keras ini sempat mengalami kesulitan saat awal gabung dengan Bayswater pada tahun 2014.

Tercatat dia hanya mampu mencetak tiga gol dari 12 pertandingan. Meski begitu, catatan kurang impresif itu dibalasnya satu tahun kemudian. Giron mampu mencetak 22 gol dari 21 kali bersama Bayswater. Alhasil, Giron sukses membawa Bayswater menyudahi kompetisi di posisi runner-up.

Sayang pada laga pertama, Giron masih belum menunjukkan tajinya karena hanya masuk di babak kedua saat melawan Persiba Balikpapan, Minggu (1/5/2016) malam WIB.

Persiba Balikpapan

Dirkir Glay Kohn

Dirkir merupakan pemain yang memiliki dua kebangsaan yakni Kenya dan Liberia. Namun, dia memutuskan untuk memilih membela timnas Liberia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Afrika.

Klub terakhir yan dia bela sebelum gabung Persiba adlah Mpumalanga Black Aces yang bertanding di divisi liga Afrika Selatan.

Sayang pada laga pertama Dirkir gagal mengawal pertahanan Persiba dengan baik sehingga mampu dibobol dua gol oleh Hamka Hamzah dan Cristian Gonzales saat takluk 0-2 di Stadion Kanjuruhan, Minggu (1/5/2016) malam WIB.

Madura United

Pablo Rodriguez aracil

Aracil merupakan pemain penyerang asal Spanyol yang memiliki CV yang cukup memukau. Sebab, dia pernah mengenyam pendidikan bersama salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia, Valencia.

Bersama MU, Aracil juga bisa dibilang sejauh ini memiliki performa yang baik. Dia mampu tampil tajam saat menjalani uji coba bersama MU.

Ternyar ketajaman Aracil terlihat saat dia membantu MU menekuk PS TNI dengan skor akhir 2-1 di Stadion Siliwangi, Bandung. Pada laga itu, Aracil mencetak satu gol untuk klub berjulukan Sape Kerrap itu.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini