Sukses

Bayern Vs Atletico: Taktik Guardiola dan Harapan Ribery

Musim ini, pemain asal Prancis ini kerap dilanda cedera. Namun, dia yakin kondisinya telah prima di leg 2 semifinal kontra Atletico.

Liputan6.com, Bayern - Winger Bayern Muenchen, Franck Ribery memohon kepada sang pelatih, Josep Guardiola agar dimainkan ketika menghadapi Atletico Madrid di leg 2 semifinal Liga Champions, Rabu, (4/5/2016).

Pada leg pertama lalu, Ribery masuk menggantikan Kingsley Coman di menit 64. Dalam pertandingan ini, Atletico menyerah 0-1. Meski kalah, kesempatan Bayern untuk lolos ke semifinal terhitung sulit. Bayern harus menang dengan selisih dua gol untuk memastikan langkah ke partai final.

Baca Juga

  • Xavi: Messi Bukan Pemain Curang
  • Dekati Penghujung Musim, Liga Inggris Makin Brutal
  • Tiki-Taka Barcelona Bikin Eks Pelatih Timnas Italia Tertidur

Ketika itu, Guardiola memilih mencadangkan Ribery dan Thomas Muller di babak pertama kontra Altetico. Dia beralasan, "Saya ingin menurunkan pemain kidal di posisi sayap kiri dan pemain kaki kanan di posisi sayap kanan serta ingin menambah stok di lini tengah," ujar Guardiola, dikutip dari Mirror.

Pada pertandingan itu, Guardiola memainkan Kingsley Coman dan Douglas Costa di posisi sayap dengan skema 4-5-1. Ribery meyakinkan sang pelatih, bisa menjalankan tugas tersebut dengan baik. Terlebih, kekuatan sang pemain terletak di kaki kirinya.

"Saya mampu membuat hal lebih baik," kata Ribery sebagaimana dilansir dari Kicker.

Musim ini, pemain asal Prancis ini kerap dilanda cedera. Namun, dia yakin kondisinya telah prima menatap pertandingan kontra Atletico di Allianz Arena. "Saya sudah bisa berlari dan berjalan. Terlebih, telah mengikuti latihan pada Senin," dia melanjutkan.

"Saya siap untuk pertandingan melawan Atletico. Saya benar-benar melihat ke depan pertandingan melawan Atletico. Saya benar-benar ingin bermain,” ujar pemain 33 tahun tersebut.

Sempat berhembus spekulasi, hubungan Guardiola dan Ribery retak. Gara-garanya, Ribery sering berurusan dengan cedera. Ribery belakangan membantah spekulasi tersebut. "Semuannya berjalan baik saat Pep pertama kali bergabung," kata Ribery.

Kilas balik ke belakang, tim asuhan Josep Guardiola ini sempat  sempat melakukan comeback di Liga Champions musim 2014/15. FC Hollywood dikalahkan Porto dengan skor 1-3 di leg pertama babak perempat final. Ketika itu, Porto difavoritkan melaju ke semifinal. Namun Bayern mampu membalikkan prediksi. Namun Die Roten mengamuk di leg ke 2 yang berlangsung di Allianz Arena. Thomas Mueller dan kawan-kawan menghancurkan Porto dengan skor 6-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.