Sukses

Soal Transfer MU, Ryan Giggs Peringatkan Jose Mourinho

Giggs tak ingin Mourinho melupakan tradisi MU yang selalu memprioritaskan pemain didikan akademi klub.

Liputan6.com, Manchester - Ryan Giggs tampaknya jadi salah satu sosok yang gerah dengan kemungkinan bergabungnya Jose Mourinho ke Manchester United (MU). Bisa dimaklumi, pasalnya, saat ini Giggs berstatus sebagai asisten Louis Van Gaal, pelatih yang kabarnya akan digantikan Mourinho.

Dan, kegerahan Giggs belakangan berkembang jadi keresahan. Apalagi, saat mencuat berita bahwa Mourinho bakal melakukan transfer besar-besaran, memboyong sejumlah pemain bintang saat resmi jadi pelatih MU nanti.

Baca Juga

  • Juggling dengan Bola Tak Biasa, Ronaldo Pukau Publik Tiongkok
  • Bukan Messi, Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona
  • Persib Rekrut Mantan Bintang Persija

Giggs pun memperingatkan Mouriho agar tak melupakan komitmen MU terhadap pemain muda mereka. MU, sejak dulu, kata Giggs, selalu berkomitmen dan memberi kesempatan kepada pemain didikan akademi mereka untuk mentas di tim senior.

Tradisi ini, hingga saat ini masih dipelihara Van Gaal. Beberapa pemain muda yang kini menjulang seperti Jese Lingard, RoShaun Williams, serta Marcus Rashford adalah didikan akademi MU.

"Komitmen terhadap pemain akademi sudah jadi bagian dari filosofi klub," ujar Giggs, seperti dikutip Manchester Evening News. "Itu bahkan bagian dari sejarah. Hal itu pula yang membuat MU berbeda dengan klub-klub lain.

Giggs lalu mencontohkan betapa mantan pelatih legendaris MU, Alex Ferguson, pernah sukses melahirkan The Dream Team yang berasal dari didikan akademi. Nama-nama seperti David Beckham, Paul Scholes, Nicky Butt, Neville bersaudara, serta Giggs sendiri, ketika itu pernah sukses memenangkan treble winners: juara Liga Primer, Liga Champions, dan Piala FA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun begitu, Giggs tak keberatan jika Mourinho pun akhirnya nanti memboyong banyak bintang. Sebab, tentu itu dilakukan untuk memperkuat tim, menjadikan tim yang terbaik.

Tapi, ya itu tadi. Tetap saja harus ada pemain didikan akademi mereka yang diprioritaskan. "Ya, klub bisa saja mendatangkan pemain bintang dari seluruh dunia," ujar Giggs, 42 tahun. "Tapi, kami tetap menginginkan ada minimal satu 'pemain kami' tampil di rumput Old Trafford. Entah dia sebagai penyerang, gelandang, atau bek."

Giggs sendiri bersama MU, kini berjuang mati-matian untuk meraih tiket ke Liga Champions, musim depan. Saat ini, di klasemen Liga Primer Inggris, MU berada di posisi keenam, berselisih satu poin dengan Manchester City, di peringkat keempat, batas akhir zona Liga Champions.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ryan Giggs