Sukses

Klub Tiongkok Berniat Rekrut Casillas Cs Latih Tim Akademi

Niat Tiongkok menjadi Raja sepak bola dunia tidak main-main. Mereka sangat berambisi mengarak Piala Dunia.

Liputan6.com, Guangzhou - Niat Tiongkok menjadi Raja sepak bola dunia tidak main-main. Klub ternama di Tiongkok, Guangzhou Evergrande berniat merekrut jebolan Akademi Real Madrid untuk menjadi pelatih di tim Akademi Guangzhou.

Tidak tertutup kemungkinan, pemain beken di dunia lulusan Akademi Madrid seperti Iker Casillas, Juan Mata dan Sergio Ramos hingga Alvaro Morata bakal singgah di Akademi Guangzhou untuk menempa anak-anak di Tiongkok menjadi bintang masa depan lapangan hijau di Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga

  • Kalahkan Sriwijaya, Persib Juara Grup A Bhayangkara Cup 2016
  • Berhitung Poin Liga Inggris: Leicester Juara, Arsenal Kedua
  • Sejarah Nomor Punggung 14 Milik Johan Cruyff

Menurut Direktur Pengembangan usia dini Guangzhou, Javier Moreiras yang berasal dari Spanyol, berujar Tiongkok kekurangan pesepakbola jalanan. Padahal, ‘street soccer’ menjadi cikal bakal sebelum menuju pemain profesional. Moreiras mengatakan, sepak bola jalanan embrio bagi bintang -bintang dunia di belahan Eropa seperti di Spanyol, Prancis, dan Italia.

“Mereka membutuhkan apa yang disebut sebagai sepak bola jalanan di Spanyol. Di Tiongkok, hanya ada segelintir pemain yang bermain di jalanan, tidak seperti di Spanyol, Italia, dan Prancis,” ujar Moreiras dilansir dari The Sun.

Akademi Guangzhou Evergrande

Menurut Moreiras, Tiongkok setidaknya butuh waktu hingga dua dekade untuk bisa berbicara di level Piala Dunia. “Mereka harus memulainya dengan anak-anak ini. Mungkin, dalam rentang 15 sampai 20 tahun mendatang, mereka memiliki kesempatan untuk tampil di Piala Dunia. “Dan untuk memenangkan Piala Dunia, itu dunia yang lain.”

Guangzhou memiliki fasilitas Akademi terbaik di Tiongkok. Mereka memiliki empat lapangan latihan untuk anak-anak dengan rumput sintetis. Bahkan, dilansir dari The Sun, Akademi Guangzhou terbesar di dunia mengalahkan Akademi Barcelona, La Masia.

Geliat sepak bola China memang sudah terasa pada bursa transfer musim panas ini. Ya, klub-klub Tiongkok ramai-ramai mendatangkan pemain papan atas Eropa dengan harga selangit. Jackson Martinez meneken kontrak dengan nominal hingga 31,5 juta poundsterling dengan Guangzhou.

Klub-klub Tiongkok total mengeluarkan uang yang nominalnya mencapai 43, 25 juta poundsterling guna mendatangkan Ramires, Gervinho. dan Fredy Guarin yang masing-masing memperkuat Dan Jiangsu Suning, Hebei China, dan Shanghai Shenhua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.