Sukses

Pele Lelang Benda Pusaka, Anda Tertarik?

Pele melelang tiga medali Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970 plus satu trofi kecil Julies Rimet.

Liputan6.com, London - Legenda hidup sepak bola dunia, Pele, melelang memoralibilia ketika masih aktif sebagai bermain. Tidak tanggung-tanggung, mantan pemain bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu melepas hampir semua benda pusaka miliknya.

Pele melelang tiga medali Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970 plus satu trofi kecil Julies Rimet. Bukan hanya medali,  pemain yang kini berusia 75 tahun ini juga melelang bola yang dipakai untuk mencetak gol ke-1000 sepanjang karier profesionalnya.

Momen bersejarah ini terjadi pada (19/11/1969) ketika  Pele membantu Santos memetik kemenangan 2-1 atas Vasco da Gama di Stadion Maracana, Brasil. Maestro lapangan hijau ini juga menjual sepatu bola legendaris yang dikenakan saat syuting film bertema sepak bola, Escape to Victory bersama Sylvester Stallone pada 1981.

Selain bola, medali, dan sepatu, Pele juga melelang beberapa koleksi jersey Timnas Brasil, Santos dan New York Cosmos di mana sang pemain pernah menjadi tiga tim itu. Termasuk, cincin juara Liga Amerika Serikat 1977 bersama New York Cosmos.

Dokumentasi seputar momen terbaiknya ikut dilepas. Salah satunya, ketika dia berpose bersama George Best dan foto hitam putih saat mengangkat trofi Piala Dunia pertama kali pada 1958 di Swedia. Ketika itu, Pele masih remaja, berusia 17 tahun. Pele tercatat sebagai pemain termuda waktu itu.

Menurut laporan Sydney Morning Herlad, total benda-benda bersejarah itu bernilai US$ 1 juta atau Rp 13 miliar. Hasil dari lelang ini sebagian disumbangkan ke rumah sakit anak-anak, Pequeno Principe di Curitiba.

Benda pusaka Pele

 

Motif Pele menjual benda-benda pribadinya sederhana. Dia ingin memberikan kesempatan pada orang lain untuk memiliki sejarah besar yang pernah diukirnya di lapangan hijau. "Sekarang saya mengizinkan penggemar dan kolektor untuk memiliki sepotong sejarah saya," ujar Pele sebagaimana dikutip dari The Sun.

Pele berharap, peninggalan itu menjadi cerita bagi generasi selanjutnya."Saya berharap mereka menghargai artefak bersejarah ini dan menceritakan kembali ke anak cucu mereka," sambung Pele.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pele Seperti Marilyn Monroe

Seluruh proses lelang diserahkan kepada balai lelang Julien's Auction yang berbasis di Beverly Hills, Los Angeles, Amerika Serikat. Menurut Martin Nolan selaku Direktur dari balai lelang Julien's Auction, Pele belum kehilangan pesona meski telah pensiun 4 dekade lalu. Pernak-pernik Pele masih diburu kolektor benda-benda antik dunia.

"Pele seperti Marilyn Monroe dari dunia olahraga. Dia sebuah ikon dan duta besar sepak bola," kata Nolan.

Lelang berlangsung di London pada 7 hingga 9 Juni 2016. Sebelum lelang dimulai, penyelenggara bakal menggelar pameran benda-benda milik Pele dan terbuka bagi publik mulai 1 Juni. 

Julien's Auction seringkali menangani lelang benda-benda bersejarah pesohor dunia seperti bintang film, musisi, dan tokoh dunia terkenal lainnya. Dan kini mereka menangani Pele.

Balai lelang Julien's Auction menaksir harga piala kecil Julies Rimet milik Pele bisa bernilai US$ 400 hingga 600 ribu atau setara (Rp 5,2 miliar). Bahkan bisa lebih mengingat trofi  itu bagian dari saksi bisu keberhasilan Brasil merebut gelar juara dunia untuk ketiga kali di Piala Dunia Meksiko 1970.

"Ini salah satu item yang unik. Perkiraan harganya sangat konservatif. Mungkin harga jualnya bisa U$ 1 juta," kata Nolan melanjutkan.

Tiga medali Piala Dunia Pele ditaksir mampu menembus angka U$ 200 ribu. Sedangkan, bola yang digunakan untuk mencetak gol ke-1000 diprediksi bisa mencapai US$ 40 ribu hingga 60 ribu.

Dari semua memorabilia tersebut, terdapat satu benda yang mungkin tidak ternilai harganya, yaitu bola darurat dari gulungan kaus kaki. Diyakini itu bola pertama yang dimainkan Pele ketika masih bocah. Tapi sejauh ini, Julien's Auction belum bisa menguji keasliannya.

"Kami memiliki bola lembut yang dijahit di kanvas, sejauh ini kami belum menetapkan secara definitif apakah itu bola pertama yang dimainkan Pele atau bukan. Tapi bila benar, tentu item itu akan sangat fenomenal," ungkap Nolan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.