Sukses

6 Rekrutan Terburuk Alex Ferguson di MU

Taibi sering membuat blunder, Djemba-Djemba berakhir di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Alex Ferguson sudah menjadi pelatih legenda bagi Manchester United (MU). Di bawah asuhannya, MU menoreh sukses besar. Di era Ferguson pula, MU sukses melewati torehan gelar liga Liverpool. Kini, MU telah mengoleksi 20 gelar liga, sementara Liverpool 18 kali.

Salah satu prestasi Ferguson yang selalu dikenal orang adalah saat dia melahirkan "The Class of '92". Ini adalah sebuah tim penuh bintang, yang sebagian besar pemainnya lahir dari akademi sepak bola MU.

Baca Juga

  • Selangkah Lagi MU Dapatkan Bintang Dortmund Ini
  • Bintang MU: Kartu Merah Itu Salah Saya
  • Wenger Dikritik, Legenda MU Pasang Badan

David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt, Paul Scholes, serta Neville bersaudara adalah bintang-bintang yang menjulang di tim tersebut. Prestasi terbaik mereka adalah saat memenangkan treble winners, menjuarai tiga ajang sekaligus: Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions di musim 1998/99.

Namun, tidak selamanya sentuhan Ferguson melahirkan prestasi gemilang di MU. Ada kalanya, pemain-pemain pilihannya justru melempem, gagal menunjukkan kontribusi maksimal. Siapa saja mereka?

Berikut enam pemain rekrutan terburuk Ferguson di MU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kleberson

6. Kleberson

Kleberson adalah bagian dari skuat Brasil saat jadi juara Piala Dunia 2002. Usai Piala Dunia, MU memboyongnya untuk menggantikan posisi Juan Sebestian Veron, yang ketika itu bergabung dengan Chelsea. Kleberson hadir bersamaan dengan Cristiano Ronaldo.

Dia direkrut dari Atletico Paranaense seharga 6 juta pound sterling (sekitar Rp 112 miliar). Namun, hanya dua tahun Kleberson membela MU. Kleberson tampil di 20 laga dan mencetak dua gol.

Kleberson lalu dijual ke klub Turki, Besiktas seharga 2 juta pound sterling. Rupanya, di Liga Turki Kleberson mendapat peruntungan bagus. Setidaknya dia berhasil menyumbangkan gelar Piala Turki 2006.

Hanya setahun di Turki, Kleberson lalu pulang kampung dan bermain untuk Flamengo serta Bahia. Pada 2013, Kleberson memulai pengembaraannya di Liga Amerika Serikat dengan membela Philadelpia Union. Saat ini, dia tercatat sebagai pemain Fort Lauderdale Strikers.

3 dari 7 halaman

Wilfried Zaha

5. Wilfried Zaha
Wilfried Zaha sempat tampil gemilang saat membela Crystal Palace dan membuat Alex Ferguson kagum. MU pun merekrutnya pada Januari 2013 seharga 10 juta pound sterling.

Namun, MU tak langsung memboyongnya. Zaha sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke Palace, sebelum bergabung dengan MU di awal musim 2013/14.

Debut bersama MU dilakukan Zaha pada ajang Piala Community Shield. Namun, performanya tak cukup meyakinkan, sehingga MU langsung meminjamkannya ke Cardiff City.

Menariknya, dari Cardiff City, Zaha malah kembali dipinjamkan MU ke Palace. Hingga akhirnya pada 2015, pemain asal Pantai Gading ini kembali dikontrak Palace secara permanen.

4 dari 7 halaman

Dong Fangzhuo

4. Dong Fangzhuo 
Dong Fangzhuo didatangkan MU dari klub Tiongkok, Dalian Shide pada Januari 2004. Harganya 500 ribu pound sterling, tapi bisa meningkat hingga 3,5 juta pound sterling, tergantung penampilannya.

Namun, Fangzhuo kesulitan mendapat izin kerja di Inggris. Akhirnya, MU meminjamkannya ke klub Belgia, Royal Antwerp untuk menambah pengalaman. Fangzhuo tampil gemilang dan mencetak 18 gol.

Setelah mendapat izin kerja pada 2006, Fangzhuo akhirnya mendapat debutnya bersama MU. Namun, performanya tak memuaskan MU dan suporter. Dia hanya tampil di tiga pertandingan.

Banyak yang skeptis menyebut, niat MU mendatangkan Fangzhuo hanyalah upaya untuk mendongkrak penjualan kostum MU di China. Akhirnya, pada 2008, Fangzhuo "dikembalikan" ke Dalian Shide.

5 dari 7 halaman

Massimo Taibi

3. Massimo Taibi
Massimo Taibi didatangkan MU dari klub Italia, Venezia pada 1999. Harganya ketika itu cukup mahal untuk ukuran kiper yang merumput di klub sekelas Venezua, 4,5 juta pound sterling.

Namun, penampilannya jauh dari harapan. Alex Ferguson pun jarang mempercayainya sebagai kiper nomor satu di bawah mistar Tim Setan Merah karena sering membuat blunder.

Sepanjang berseragam MU, Taibi hanya tampil di empat pertandingan dan kebobolan 11 gol. Termasuk gol terkenal Matt Le Tissier saat mengelabuinya dengan menceploskan bola di sela-sela kaki Taibi.

Pada 2000, MU akhirnya melepas Taibi ke klub kecil Italia lainnya, Reggina. Awalnya, statusnya hanya pinjaman. Namun, akhirnya dipermanenkan seharga 2,5 juta pound sterling.

6 dari 7 halaman

Bebe

2. Bebe
Penyerang asal Portugal ini direkrut MU dari Vittoria de Guimaraes pada 2010. Harganya cukup mahal ketika itu, sekitar 7,5 juta pound sterling.

Menariknya, ketika itu Ferguson mengaku belum pernah melihat permainan Bebe sebelumnya. Hasilnya pun bisa diduga. Pemain dengan nama lengkap Tiago Manuel Dias Correia ini malah lebih sering jadi cadangan di skuat MU.

Selama empat tahun berpredikat pemain MU, Bebe hanya tampil di tujuh pertandingan dan mencetak dua gol. Bebe juga sempat dipinjamkan ke banyak klub seperti Besiktas, Rio Ave, dan Pacos de Ferreira.

Pada 2014, akhirnya dia resmi dilepas MU ke klub Portugal lainnya, Benfica seharga 3 juta pound sterling. Ironisnya, di Benfica pun dia kembali dipinjamkan ke Cordoba dan Rayo Vallecano.

7 dari 7 halaman

Eric Djemba-Djemba

1. Eric Djemba-Djemba
Awalnya, Eric Djemba-Djemba disebut-sebut sebagai pengganti Roy Keane, mantan gelandang andal MU. Maka itu, kedatangan pemain asal Kamerun itu dari Nantes pada 2003 pun disambut meriah fans MU.

Sayang, performa Djemba-Djemba tak sesuai harapan. Dia hanya berkesempatan tampil di 39 pertandingan bersama MU, sebelum dilepas ke Aston Villa, pada 2005.

Namun, di Aston Villa, Djemba-Djemba juga tak menemukan peruntungannya. Di klub asal Birmingham itu, dia bahkan diputuskan bangkrut oleh pengadilan, lantaran sebelumnya terlalu sering berfoya-foya.

Djemba-Djemba sempat bermain di Liga Qatar, Israel, Kroasia, serta India. Terakhir, tahun 2015 lalu, dia sempat terdaftar sebagai pemain klub Indonesia Super League, Surabaya United. Namun, dia tak pernah dimainkan lantaran masalah cedera.

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini