Sukses

Uang Muka Tidak Terkumpul, Rio Haryanto Pasrah Batal ke Formula 1

Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga sudah meminta maaf kepada pihak Rio Haryanto.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, terancam batal tampil di ajang Formula 1 musim ini. Pasalnya, hingga hari ini, Jumat (5/2/2016) Rio belum juga melunasi uang muka untuk mendapat slot di tim Manor Racing. 

Rio sebenarnya sudah mengumpulkan 5,2 juta euro dari Pertamina dan Rp 100 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraha (Kemenpora). Namun uang itu belum bisa dikeluarkan karena proses birokrasi yang membutuhkan waktu.

Padahal, malam ini, menjadi batas terakhir bagi pembalap asal Solo itu menyerahkan uang muka sebesar 3 juta euro ke tim Manor Racing.

Baca Juga

  • Penasihat Dorna Minta Rossi Lupakan Insiden dengan Marquez
  • Daud Yordan Vs Yoshitaka Kato: Jangan Lengah Cino
  • 5 Fakta Menarik Liverpool Vs Sunderland, Anfield Masih Angker

"Saya sudah berkomunikasi dengan Indah Pennywati (ibu Rio), kemarin. Kami harus akui kalau malam ini adalah deadline pembayaran uang muka ke Manor," ujar juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewabroto di Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Menurut Gatot, hingga saat ini, Rio Haryanto baru punya uang 1 juta euro dari 3 juta euro yang dibutuhkan. "Sisanya yang 2 juta euro tidak ada kejelasan. Kalau dari Pertamina yang dikeluarkan sebagai uang talangan. Posisinya sudah di ujung tanduk," katanya.

Gatot menjelaskan, pihak Rio sudah pasrah bila gagal berkiprah di Formula 1. Kemenpora pun mengucapkan permintaan maaf.

"Atas nama Kemenpora, kami minta maaf bila Rio Haryanto gagal ke Formula 1. Ini kami lakukan agar status Rio tidak menggantung. Kami sudah bekerja maksimal," kata Gatot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini