Sukses

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi

Lionel Messi telah mencatatkan 500 penampilan bagi Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona: Lionel Messi telah mencatatkan 500 penampilan bagi Barcelona. Di partai ke-500 melawan Real Betis, Kamis (31/12/2015) dini hari tadi, ia menyumbang 1 dari 4 gol kemenangan Barcelona.

Kemenangan itu membuat Barcelona kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol setelah membukukan 38 poin, unggul dua poin dari rival abadi mereka, Real Madrid. Sementara bagi Messi, satu gol yang dicetaknya membuat torehan golnya menyentuh angka 425.

Baca Juga

  • Gol Messi di Laga ke-500 Bawa Barcelona Lewati Rekor Madrid
  • Merasa 'Dirampok', Sociedad Bakal Polisikan Wasit Kontra Madrid
  • Duo Milan Berebut Bek Tangguh Juventus

Pertandingan itu sejatinya hanyalah satu dari sekian banyak penampilan brilian Messi saat membela Barcelona. Mengutip Daily Mail, di antara sekian banyak itu, ada 5 pertandingan yang menjadi pertandingan terbaik La Pulga -julukan Messi.

Berikut pilihan 5 pertandingan terbaik Lionel Messi bersama Barcelona.

1. Barcelona vs Albacete 1 Mei 2005

Pertandingan ini menjadi momentum Messi untuk membuktikan kualitas dirinya. Kala itu, Messi baru saja promosi dari akademi Barcelona.

Di pertandingan inilah, Messi mencetak gol pertamanya bagi tim Barcelona senior. Gol itu membuat Barcelona menaklukkan Albacete dengan skor 2-0.

Proses gol itu lahir dari umpan manis Ronaldinho. Messi yang lepas dari jebakan offside lalu melesakkan tendangan melambung melewati kepala kiper Albacete.

Lionel Messi dan Ronaldinho (fifa.com)

2. Real Madrid 3-3 Barcelona, Maret 2007

Satu kata untuk penampilan Messi di pertandingan ini, luar biasa. Pasalnya, Messi yang baru sembuh dari cedera selama tiga bulan, mencetak hattrick yang menghindarkan Barcelona dari kekalahan.

Dalam pertandingan di Camp Nou, Barcelona kalah jumlah pemain setelah Oleguer menerima kartu kuning kedua di menit 43 dan sedang tertinggal 3-2 dari Madrid. Messi yang telah mencetak dua gol lalu menambah satu gol lagi di menit 87.

Lionel Messi saat mencetak hattrick ke gawang Madrid pada 2007 (skysports)

Tiga gol Messi itu tentu sangat berarti baginya, mengingat ketika itu, Messi masih tergolong muda minim pengalaman. Lebih membanggakan lagi, tiga gol tersebut dicetak Messi ke gawan Madrid, yang nota bene merupakan tim rival abadi Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Barcelona 2-0 Manchester United, Mei 2009

3. Barcelona 2-0 Manchester United, Mei 2009

Ini adalah pertama final Liga Champions pertama buat Messi. Barcelona akhirnya tampil menjadi juara usai mengalahkan Manchester United 2-0.

Salah satu gol di antaranya dicetak oleh Messi pada menit ke-70. Sedangkan satu gol Barcelona lainnya dilesakkan Samuel Eto'o.

Yang membuat gol itu tak biasa adalah, Messi mencetaknya dengan sundulan. Padahal kala itu, ia dicap tak mampu mencetak gol dari sundulan lantaran tubuhnya yang pendek.

Musim 2008/09 sendiri salah satu musim terbaik bagi Barcelona. Dilatih Josep Guardiola mereka sukses memenangka enam gelar di akhir musim.

3 dari 4 halaman

4. Barcelona 3-1 Manchester United, Mei 2011

4.  Barcelona 3-1 Manchester United, Mei 2011

Messi dan Barcelona kembali harus berjumpa dengan Manchester United di final Liga Champions edisi 2010/11. Bermain di Stadion Wembley, London, Inggris, Barcelona sempat kesulitan di menit-menit awal karena pengawalan ketat para pemain MU.

Baru, di menit 27, Barca memecah kebuntuan lewat gol Pedro Rodriguez. MU lalu menyamakan kedudukan usai Wayne Rooney mencetak gol di menit 34.

Namun Barcelona kembali unggul setelah Messi mencetak gol di menit 54, disusul gol David Villa di menit 69.  Messi pun meraih trofi Liga Champions ketiganya bersama Barcelona.


4 dari 4 halaman

5. Real Madrid 3-4 Barcelona, Maret 2014

5. Real Madrid 3-4 Barcelona, Maret 2014

Tak lengkap rasanya jika sebagai penggawa Barca, Messi tak mempermalukan Real Madrid di markas Madrid sendiri, Stadion Santiago Bernabeu. Dan di antara sekian partai El Clasico, Messi melakukan itu pada Maret 2014.

Messi bahkan sukses memecahkan rekor 18 gol di El Clasico milik legenda Madrid, Alfredo Di Stefano, dengan hattricknya ke gawang Iker Casillas. Hattrick itu membuatnya cetak 21  gol.

Lionel Messi saat mencetak hattrick ke gawang Real Madrid (worldsoccertalk)

Sayangnya, di akhir musim, Barcelona gagal tampil jadi yang terbaik. Gelar La Liga 2013/14 akhirnya dimenangkan Atletico Madrid yang dilatih Diego Simeone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.