Sukses

Sirkuit Tempat Rossi Tendang Marquez Ditutup Sementara

Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, akan menjadi venue pertama untuk uji coba MotoGP pada musim 2016.

Liputan6.com, Sepang - Sirkuit Internasional Sepang (SIC), Malaysia, akan menjadi venue pertama untuk tes resmi MotoGP pada musim 2016. Oleh karena itu, arena pembalap Valentino Rossi 'menendang' Marc Marquez tersebut ditutup untuk renovasi mulai 15 Februari sampai 8 Mei 2016.

Baca Juga

  • Mau Ikut MotoGP? Ini Pesan Ahmad Jayadi untuk Pembalap Indonesia
  • Lorenzo Ajak Stoner Bertarung Lagi di MotoGP
  • Demi Tuan Rumah MotoGP, Nama Sentul Bisa Diubah

Sepang adalah salah satu lintasan yang masuk dalam kalender balapan MotoGP maupun Formula 1. Federasi Balap Motor Dunia (FIM) dan Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) ingin terus menjaga sirkuit tersebut memenuhi standar internasional.

Penyempurnaan lintasan di Sepang meliputi pelapisan aspal kembali seluruh track yang berjarak 5,54 km, memperbaiki dan meningkatkan sistem drainase, trotoar dan aspal di area run-off, ditambah membangun kembali bantalan kerikil di Turns 1 dan 15.

Renovasi ini memberikan sinyal kalau pembukaan tes MotoGP musim 2016 akan berlangsung seperti yang direncanakan, 1 sampai 3 Februari 2016. Dikutip dari laman crash.net pada Senin (21/12/2015) sore, informasi ini juga membuat balapan di bulan Oktober bakal lebih sedikit menyusul renovasi berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Diperbaiki Total

Mengingat masalah teknis pada ban di Sirkuit Phillip Island pada 2013, diharapkan pemasok ban sekarang, Michelin akan menguji aspal baru secara menyeluruh sebelum akhir pekan grand prix. "Dalam lima tahun terakhir kita melihat 98 persen rata-rata penggunaan lintasan dalam setahun, mulai dari ajang internasional sampai pemesanan secara swasta," Dato' Razlan Razali, Chief Executive Officer Sirkuit Internasional Sepang.

"Berbagai ajang tersebut telah membawa sirkuit ke level yang sama sekali baru sebagai pengenalan, dan bersama-sama dengan ini, adalah suatu keharusan untuk SIC terus memberikan pengalaman terbaik dan keamanan level tinggi bagi seluruh pengguna lintasan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.