Sukses

Mitra Kukar Vs Persija: Sama-sama Timpang

Persija Jakarta akan bertemu Mitra Kukar di babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman 2015.

Liputan6.com, Solo - Persija Jakarta menunjukkan penampilan yang berbeda di Piala Jenderal Sudirman 2015. Setelah babak belur pada turnamen Piala Presiden sebelumnya, kini nasib Macan Kemayoran mulai membaik.

Di babak penyisihan, Persija mampu melewati hadangan lawan-lawannya. Meski tidak mulus, langkah Macan Kemayoran belum terbendung usai mengoleksi dua kemenangan dan dua kali kalah. Di bawah asuhan pelatih Bambang Nurdiansyah, Persija lolos dengan status runner up grup A.

Sayang lolosnya Persija ke babak 8 besar harus dibayar mahal. Sejumlah pilar Macan Kemayoran seperti, Ismed Sofyan, M Roby, Raphael Maitimo, hingga M Ilham terancam absen karena mengalami cedera di babak penyisihan. Mereka bahkan tidak bisa tampil saat Persija menggelar uji coba melawan Tim Pra-PON DKI Jakarta di Sawangan, Depok, beberapa waktu yang lalu.

Nasib yang sama juga sebenarnya dialami oleh kiper inti Persija Andritany Ardhiyasa. Namun kiper berusia 23 tahun itu sudah membaik dan sempat tampil saat uji coba melawan Pra-PON DKI.

"Saya harap fisioterapis kami bisa membuat kondisi mereka lebih bugar dalam 4 sampai 5 hari ke depan," kata Banur setelah laga uji coba Persija Vs Pra-PON DKI, 8 Desember 2015.

Banur memang harus berpacu dengan waktu. Sebab stok amunisi yang dimiliki tidak banyak. Apalagi, striker Bambang Pamungkas yang dinanti tak kunjung merapat ke Macan Kemayoran. Mantan pelatih PSIS itupun berharap masalah ini bisa dipecahkan oleh fisioterapis timnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Macan Kemayoran Asah Taring

Di babak 8 besar, Persija Jakarta akan mengawali langkahnya malam ini. Pada pertandingan perdana, Tim Ibu Kota akan bertemu Mitra Kukar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Dibanding Persija, nasib Mitra Kukar sebenarnya tak jauh berbeda. Langkah Naga Mekes juga tersendat-sendat sebelum akhirnya berhasil keluar sebagai runner up grup B. Meski demikian, Persija pantas waspada mengingat Naga Mekes selalu jadi momok-- paling tidak di 5 laga terakhir.

Lihat saja rekor pertemuan kedua tim. Dari lima pertemuan terakhir, Persija sama sekali tidak pernah menang. Bahkan di Piala Presiden lalu, Mitra Kukar menjadi batu sandungan Macan Kemayoran di babak penyisihan setelah di laga terakhir grup C ditahan imbang tanpa gol.

Banur telah menyiapkan pasukannya. Di tengah keterbatasan stok amunisi, Banur terus mengasah ketajaman lini depannya. Peran Emmanuel 'Pacho' Kenmogne yang pernah menyandang gelar top scorer ISL tersebut menjadi andalan Macan Kemayoran dalam menjebol pertahanan Naga Mekes.

"Kita fokus berlatih penyelesaian akhir karena Mitra Kukar memiliki pertahanan yang sangat bagus‎. Bertahan mereka sangat disiplin dan bagus," kata Banur.

Selain Pacho, Banur juga menaruh harapan kepada Raphael Maitimo. Sebab, pemain naturalisasi yang diboyongnya dari Persita Tangerang itu terbilang subur selama Piala Jenderal Sudirman.

Lihat Prediksi Line Up di bawah ini:


Mitra Kukar vs Persija (Liputan6.com/Abdillah)

3 dari 3 halaman

Naga Mekes Mencari Kapten

Sementara itu, Mitra Kukar dipastikan tidak akan diperkuat oleh sang kapten Zulkifli Syukur. Cedera memaksa mantan pemain timnas Indonesia itu menepi dari lapangan hijau. Meski demikian, Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, sudah menyiapkan 3 pemain yang akan menggantikannya. Mereka adalah Noval, Faizal, dan Syahrial. "Mereka sudah punya pengalaman," kata Jafri beberapa waktu lalu.

Absennya Zulkifli memang bukan hal yang baru bagi Mitra Kukar. Di babak penyisihan, mantan pemain Persib itu juga sudah tidak tampil saat Mitra bertemu Persipura dan Semen Padang.

Jafri sudah menyiapkan strategi khusus untuk meredam Persija. Namun mantan pelatih Semen Padang itu enggan membocorkannya. Dia yakin mampu mengimbangi permainan tim Ibu Kota.

"Anak-anak sudah siap semua untuk bertanding dengan Persija. Sedangkan untuk strategi pastinya kita sudah punya tetapi tak bisa dibocorkan di sini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini