Sukses

Didorong Ambil Alih KOI, Apa Kata Menpora?

Atlet-atlet olimpiade mengusulkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Liputan6.com, Jakarta: Atlet-atlet olimpiade mengusulkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Pasalnya saat ini tengah terjadi kisruh dalam tubuh KOI jelang Munas KOI pada Sabtu (31/10/2015) mendatang.

"Diperlukan satu sosok yang netral dan bisa diterima semua pihak. Ini demi menjaga keberhasilan Asian Games 2018 nanti," ujar Richard Sambera di Jakarta, Jumat (30/10).

Para olimpian ini khawatir posisi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 terancam. Konflik dualisme dalam tubuh KOI kemungkinan akan 'terendus' delegasi IOC dan PCA yang kemungkinan akan hadir pada munas besok.

"Jangan sampai kita kehilangan Asian Games. Tentu ini akan menjadi pukulan besar bagi Indonesia," ujar Taufik Hidayat.

Tim penjaringan KOI sendiri saat ini sudah menutup pengumpulan formulir untuk posisi Komite Eksekutif PSSI. Sedangkan untuk pendaftaran ketua umum masih dibuka hingga besok.

Saat dikonfirmasi terpisah, Menpora Imam Nahrawi tidak dapat menyanggupi permintaan olimpian tersebut. "Saya belum melihat ada situasi dan kondisi yang memungkinkan saya mendaftar sebagai Ketum KOI. Lagipula tugas di Kementerian sudah cukup berat. Masih banyak sosok-sosok yang lebih cocok mengisi posisi itu," ujar Imam. (Def/Tho)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.