Sukses

Ferguson Ungkap Kunci Sukses Jadi Manajer MU

Alex Ferguson mengatakan tidak ada bukti bahwa pemecatan manajer akan memberi sukses.

Liputan6.com,Manchester - Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson percaya bahwa konsistensi manajerial adalah kunci keberhasilan saat dia berada di Old Trafford. Ferguson merupakan manajer tersukses di MU. Selama 26 tahun menangani MU, dia sukses menyumbangkan  38 piala.

Setelah pensiun pada 2013, Ferguson digantikan David Moyes. Tapi, karier mantan manajer Everton itu bersama MU hanya berlangsung kurang dari 12 bulan.

Louis Van Gaal kemudian datang menggantikan Moyes. Pelatih asal Belanda ini sukses membimbing United kembali ke Liga Champions musim lalu.

Dan, Ferguson yakin Van Gaal  telah diuntungkan menjadi penerus Moyes. Meski pun tidak ada bukti bahwa perubahan manajerial akan membawa kesuksesan.

Sir Alex Ferguson
"Tidak ada bukti bahwa pemecatan manajer memberi Anda sukses. Tapi, ada bukti di Manchester United, di Nottingham Forest, di Arsenal bahwa [jika] Anda mempertahankan manajer untuk waktu yang lama, Anda mendapatkan konsistensi dan Anda mendapatkan kesuksesan," kata Ferguson kepada ESPN, belum lama berselang.

"Ketika Anda mengganti pelatih, itu berarti Anda mengubah seluruh sistem, dan itulah mengapa saya berpikir untuk konsistensi dalam bekerja," imbuhnya.

"Dan Louis van Gaal telah mendapat pengalaman hebat di Barcelona, ​​Bayern Muenchen, dan Ajax. Dia memenangkan Piala Eropa bersama Ajax . Jadi dia punya pengalaman dan tentu saja dia membuat perubahan."

Sebelumnya, Ferguson sempat mengungkapkan alasan terbesarnya mundur sebagai manajer MU. Ternyata legenda Setan Merah itu pensiun karena alasan keluarga.

"Saya seharusnya bisa terus menjadi manajer. Namun saat saya melihat istri (Cathy Ferguson) di suatu malam sedang menonton tv dan menatap langit-langit, saya tahu dia sedang terisolasi. Saya lalu bilang padanya akan pensiun, dan saya tahu dia ingin sekali saya melakukannya," ujar Ferguson seperti dilansir Telegraph.(Ian/Vid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini