Sukses

Intip Bentuk Helm MotoGP dari Setiap Generasi

Helm pembalap Moto GP selalu berkembang dari masa ke masa

Liputan6.com, Jakarta: Ajang Moto GP tidak hanya selalu membicarakan pembalap dan sepeda motor yang menjadi andalan tim-tim balap motor untuk meraih gelar juara. Namun gaya dan desain helm para pembalap juga layak menjadi daya tarik tersendiri.

Pembalap-pembalap Moto GP saat ini biasanya menggunakan helm bermerek terkenal yang dibuat dengan teknologi tinggi, model helm tertutup dan terkadang dihiasi logo atau gambar-gambar unik. Helm yang dipakai pembalap mengalami evolusi sejak ajang balap motor itu pertama kali digelar pada tahun 1949 silam hingga sekarang. Banyak sekali perubahan yang mencolok pada helm yang digunakan para rider.

Berikut lima helm moto GP dari masa ke masa  seperti tersaji di 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Helm pertama Moto GP 1949

1. Helm pertama Moto GP 1949

Bentuk helm ini sangat sederhana untuk ukuran balap Moto GP. Helm ini didesain hanya untuk melindungi kepala bagian atas saja. Sedangkan untuk melindungi mata agar tidak terkena debu, pembalap hanya menggunakan kaca mata sebagai alat bantu untuk membalap.

Mungkin helm seperti ini sangat berbahaya jika dipakai di zaman sekarang. Namun, helm seperti itu dirasakan masih cukup aman. Plus jaket kulit hitam, pembalap pun sudah bisa membalap kala itu.

3 dari 6 halaman

2. Helm Moto GP 1970

2. Helm Moto GP 1970

Pada tahun 1970-an, helm pembalap Moto GP berbentuk bulat untuk mengikuti bentuk kepala dan helm sudah menutupi seluruh bagian kepala pembalapnya. Kaca pada helm masih berwarna putih polos agar tidak menggangu jarak pandang pembalap.

Sedangkan untuk warna helm sudah ada beberapa variasi, namun masih terlihat kaku.Tak banyak variasi desain terlihat di helm di zaman itu.

4 dari 6 halaman

3. Helm Moto GP 1980

3. Helm Moto GP 1980

Helm pembalap pada tahun ini tidak jauh beda dengan helm-helm di tahun 1970. Namun yang membedakannya hanya warna kaca pada helm yang sudah berwarna gelap bila dilihat dari luar, namun jernih bila dilihat oleh sang pembalap.

Untuk desain helm juga terlihat sudah ada gambar-gambar yang menghiasi pelindung kepala pembalap tersebut.Jadi,desain helm relatih sudah modern di era ini.

5 dari 6 halaman

4. Helm Moto GP 1990

4. Helm Moto GP 1990

Pada masa ini helm Moto GP sudah semakin canggih. Helm tidak mudah hancur saat mengalami benturan namun berat helm ini sangat ringan. Desain helm pada masa ini terkenal dengan perpaduan warnanya yang mencolok.

Pembalap pun sudah berlomba-lomba untuk memakai helm sesuai keinginan. Tentunya, sponsor pun mengantri untuk "endorse" sang pembalap di lintasan.

6 dari 6 halaman

5. Helm Moto GP saat ini

5. Helm Moto GP saat ini

Pembalap moto GP saat ini beruntung mempunyai pelindung kepala super canggih. Helm mereka tahan benturan, tali pengaman yang tidak mudah lepas, Bahkan kaca pelindung pada helm pembalap saat ini tidak dapat tembus meski ditembak dengan senapan angin.

Sedangkan untuk warna, helm Moto GP pada saat ini jauh lebih bervariasi dan terkadang sebuah helm dijadikan sebuah media untuk menyampaikan pesan tentang isu yang sedang terjadi. (Def/Rjp)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.