Sukses

Berikut Pembagian 4 Pot 32 Tim Peserta Liga Champions

Pertama kali sepanjang sejarah berdirinya klub, Astana tampil di kompetisi tertinggi di Eropa ini.

Liputan6.com, Monaco - Drawing babak penyisihan grup Liga Champions bakal dihelat dalam beberapa jam mendatang. Event ini digelar di Monaco. UEFA selaku penyelenggara telah membagi 32 peserta kompetisi elite antarklub tertinggi di Eropa ini ke dalam 4 pot.

Sebanyak 22 tiim dari 16 negara Eropa lolos langsung ke babak grup. Sedangkan, 10 tim menghuni fase grup dari babak playoff. Termasuk raksasa Inggris, Manchester United yang sukses melewati babak playoff. Pot 1 dihuni oleh deretan tim yang memiliki poin tertinggi di Eropa. Sementara pot 2 sampai 4 diisi oleh tim yang berdasarkan koefisien Eropa.

Pot pertama dihuni oleh masing-masing juara domestik liga masing-masing. Yaitu, Barcelona, Chelsea, Bayern Munich, Juventus, Benfica, Zenith Saint Petersburg dan PSV Eindoven. Dari pembagian 4 pot tersebut, terdapat klub asal Kazakhstan, Astana. Pertama kali sepanjang sejarah berdirinya klub, Astana tampil di kompetisi tertinggi di Eropa ini.

Dalam dua musim beruntun, Astana hanya mampu menembus Kualifikasi Europa League. Tapi di tahun ini, Astana sukses menembus fase grup Liga Champions. Astana pun menjadi tim dengan koefisien UEFA terkecil, sebesar 8.325 poin. (Rjp/Ary)

Berikut pembagian Pot Liga Champions sebagaimana dilansir dari situs UEFA

POT 1: Barcelona, Chelsea, Bayern, Juventus, Benfica, Paris, Zenit St Petersburg, PSV

POT 2: Real Madrid, Atlético, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Leverkusen, Manchester City

POT 3: Shakhtar Donestk, Sevilla, Olympique Lyonnais, Dynamo Kyiv, Olympiacos, CSKA, Galatasaray, Roma

POT 4: BATE, Monchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel Aviv, Gent, Malmo, Astana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.