Sukses

Profil PBFC: Los Galacticos dari Samarinda

Berstatus sebagai tim promosi, PBFC belum bisa unjuk gigi di level kompetisi tertinggi sepakbola di Indonesia.

Liputan6.com, Samarinda - Pusam Mania Borneo FC (PBFC) boleh kecewa sepanjang tahun 2015. Sebab, skuat yang dibangun sia-sia karena kompetisi dihentikan oleh PSSI gara-gara kisruh dengan Kemenpora. Berstatus sebagai tim promosi, PBFC belum bisa unjuk gigi di level kompetisi tertinggi sepakbola di Indonesia.

Karena itu, mereka pun menjadikan perhelatan Piala Presiden 2015 sebagai panggung untuk membuktikan, mereka mampu menjadi yang terbaik. Di fase penyisihan grup, PBFC bakal bergabung dengan Persegres Gresik United, Persipasi Bandung Raya serta tuan rumah PSM Makassar. Melihat kekuatan PBFC, bukan tidak mustahil mereka mampu meramaikan persaingan bahkan tangga juara di Piala Presiden 2015.

Skuat besutan pelatih Arcan Iurie ini terbilang mengilap. Bagaimana tidak, hampir semua pemain bintang di Indonesia memperkuat klub berlogo pesut mahakam ini. Hamka Hamzah, Egi Melgiansyah, Bayu Gatra hingga Oktovianus Maniani dan Diego Michiels masuk dalam skuat PBFC.

Sedangkan, untuk pemain asing Srdan Lopicic dan Erick Weeks Lewis menjadi pilihan manajemen. Performa dua asing itu di kancah ISL tidak diragukan lagi. Erick Weeks sempat bersinar bersama Persiwa Wamena selama 4 tahun mulai dari 2008-2012. Bersama Persiwa, Erick sukses menggelontorkan 39 gol di 111. Erick Weeks juga menjadi tulang punggung Sriwijaya FC ketika merebut ISL musim 2011-12.

Khusus Lopicic, pemain tengah asal Montenegro ini menjadi bagian sukses Persela Lamongan meramaikan peta pertempuran ISL musim 2013-14. Pemain veteran 31 tahun itu juga terhitung bukan pemain baru di ISL. Pada 2011, Lopicic bermain untuk Persisam Putera Samarinda. Kemudian, hijrah ke Persebaya Surabaya dan Persela Lamongan.

Kekuatan finansial yang melimpah, berada di balik kekuatan PBFC yang melimpah. Sang pemilik, Nabil Husein Said Amin boleh dibilang menjadi pengagas berdirinya PBFC. Melalui PT Nahusam Pratama Indonesia, Nabil mengelola klub yang identik dengan warna oranye tersebut.

Dana melimpah membuat Pusam memang menjadi seperti tim Eropa seperti Real Madrid atau Manchester City. Tentu target mereka di gelaran Piala Presiden ini tidak main-main. Meski hanya berstatus tim promosi ISL, bukan tidak mungkin PBFC menjadi penantang kuat di turnamen pra musim 2015.

Kedatangan para pemain bintang tersebut menjadi bisnis gurih dari segi bisnis. PBFC mulai menjadi gula bagi 'semut' sponsor. Tercatat, tim yang bermarkas di Stadion Segiri, Samarinda ini sukses menggaet sponsor kelas kakap mulai dari produsen otomotif terkemuka di Indonesia seperti Suzuki, Bank Kaltim, dan Pocari Sweat. PBFC pun berhasil meyakinkan Air Asia dan Kratingdaeng untuk bergabung di jersey mereka yang menggunakan apparel Indonesia, Salvo.

DATA KLUB

Nama lengkap: Pusamania Borneo Football Club (PBFC)
Julukan: Pesut Etam
Didirikan: 2014
Stadion: Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur
Pemilik: Pusamania (by PT Nahusam Pratama Indonesia)
Presiden: Nabil Husein Said Amin
Pelatih: Arcan Lurie
Liga: ISL
2014: Juara Divisi Utama 2014

Skuat 2015

Kiper

Galih Sudaryono
M. Ramadhani
Hendra Susilo
Juni Irawan

Bek

Martin Kovachev
Rachmat Latief
Usep Munandar
Victor Pae
Afriyandi
Achmad Hisyam Tolle
Tommy Oropka
Hamka Hamzah

Tengah

Zulvin Zamrun
Ade Jantra
Basri Lohy
Egi Melgiansyah
Erick Weeks
Srdan Lopicic
Hermansyah Muchlis
Fandy Mochtar
Okto Maniani

Depan

Aldaier Makatindu
Ari Supriatna
Febri Setiadi Hamzah
Saktiawan Sinaga
Ali Ridho
Fandi Achmad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.