Sukses

Polrestabes Surabaya Terjunkan 800 Personel Kawal Demo Suporter

Aksi yang digelar Bonek 1927 ini rencananya akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Polrestabes Surabaya akan menurunkan kekuatan penuh untuk mengawal jalannya demonstrasi Arek Bonek 1927 yang rencananya akan digelar, Jumat (28/8/2015) mulai pukul 09.00 WIB. Aksi bertajuk 'Melawan Piala Presiden' ini digelar untuk memprotes keikutsertaan klub yang dianggap bersengketa.

"Benar, surat pemberitahuan unjuk rasa dari Arek Bonek 1927 itu memang sudah kami terima. Dan sesuai perintah Bapak Kapolrestabes (Kombes Pol Yan Fitri Halimasyah), semua personil yang diterjunkan, akan mengawal di semua titik sasaran aksi," kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Lily Djafar, Kamis (27/08/2015).

Mantan Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini juga membeberkan, titik kumpul aksi Arek Bonek 1927 akan dipusatkan di Taman Apsari, jalan Gubernur Suryo, Surabaya atau Depan Gedung Negara Grahadi. Namun, aksi mereka akan berlanjut ke sejumlah tempat. Diantaranya, Restoran Hanamasa, jalan Gubeng Pojok dan Auto 2000 jalan Ahmad Yani.

"Dengan dipimpin langsung oleh Bapak Kapolrestabes, semua fungsi yang diterjunkan akan mengawal aksi mereka. Baik di titik kumpul, di titik aksi maupun jalur-jalur yang akan dilewati. Kami himbau, agar semuanya saling menghargai. Baik para pengunjuk rasa maupun para pengguna jalan agar Kota Surabaya tetap kondusif," imbuh AKP Lily.

Dikonfirmasi terpisah, Presidium Arek Bonek 1927, Andy Peci menyebut, jika sasaran aksi mereka adalah semua anak perusahaan dari PT Mahaka Grup yang saat ini menjadi penyelenggara Piala Presiden 2015.

"Bukannya kami menolak perhelatan sepak bola ini, kami justru mendukungnya. Tapi, kami menyesalkan, kenapa masih ada klub bermasalah (bersengketa) yang diikutsertakan," katanya.

Andy Peci berharap, dengan adanya aksi besok, Presiden Jokowi dapat mempertimbangkan tim-tim yang selama ini diketahui masih bersengketa. "Kalau tim yang bermasalah diikutsertakan dalam kompetisi, ini justru menjadi awal carut marutnya (lagi), kompetisi-kompetisi sepakbola yang akan digelar selanjutnya."

Baca juga:

Wawancara Daley Blind: Bicara Soal Depay dan Posisi Baru di MU

Seperti Ini Wajah Imut 7 Pelatih Saat Masih Jadi Pemain Bola

Wawancara Eksklusif Jokowi: Piala Presiden, Bepe dan Evan Dimas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.