Sukses

5 Rivalitas Sengit Antarpelatih Top Eropa

Bukan hanya antarklub, pelatih-pelatih juga sering terlibat persaingan panas.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah kompetisi sepak bola, rivalitas antar klub memang kerap terjadi. Bahkan meski klub-klub itu tidak menjadi juara, pertandingan antar keduanya masih nikmat disaksikan.

Namun ternyata, rivalitas itu tidak hanya terjadi pada klub-klub, tapi juga antar pelatih. Ketatnya pertandingan dan seringnya kedua pelatih bertemu membuat mereka tentu memiliki ambisi tidak ingin dikalahkan satu sama lain.

Baru-baru ini di sepak bola Inggris permusuhan antara manajer Arsenal, Arsene Wenger, dan manajer Chelsea, Jose Mourinho, semakin meruncing. Mourinho dan Wenger tidak berjabat tangan usai pertandingan Community Shield, Minggu (2/8/2015) di Wembley.

Rivalitas keduanya memang sudah terlihat sejak 2005 lalu. Perang komentar hingga adu argumen kerap terjadi, puncaknya pada gelaran Liga Premier 2014/2015, keduanya nyaris baku hantam di pinggir lapangan.

Akan tetapi ternyata banyak rivalitas antar pelatih yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Siapa saja mereka?

Berikut 5 rivalitas pelatih top Eropa:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wenger vs Ferguson

1. Arsene Wenger vs Sir Alex Ferguson

Manchester United dan Arsenal adalah dua klub yang sering bersaing berebut trofi di era 90an. Sejak kedatangan Arsene Wenger ke Arsenal pada 1996, Ferguson sudah menyambutnya dengan komentar pedas.

"Orang-orang mengatakan Wenger adalah orang yang pintar, dapat berbicara lima bahasa. Saya juga punya pemain berusia 15 tahun dari Pantai Gading yang dapat berbicara lima bahasa," kata Ferguson.

Wenger juga sempat mempersoalkan jadwal bertanding Manchester United yang menurutnya terlalu menguntungkan. Akibatnya, Wenger tidak pernah berjabat tangan dengan Sir Alex Ferguson dan baru pada tahun 2002 keduanya berjabat tangan.

3 dari 6 halaman

Mourinho vs Guardiola

2. Jose Mourinho vs Pep Guardiola

Jose Mourinho bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2010. Berbekal kesuksesannya meraih treble winners bersama Inter Milan, kedatangan Mourinho membuat pelatih Barcelona saat itu, Pep Guardiola, panik.

Guardiola yang saat itu banyak meraih trofi bersama Barcelona 'terpancing' emosinya oleh provokasi Mourinho. Akhirnya pada 2011, Guardiola terang-terangan mengakui enggan bersaing dengan pria asal Portugal itu.

"Di ruangan ini (media centre Real Madrid), Mourinho bosnya, orang yang brengsek. Saya di sini tidak bisa berkompetisi dengannya. Jika Barcelona ingin berkompetisi dengannya, mereka harus mencari pelatih baru," ungkap Guardiola.

Bersama Los Blancos, Mourinho sukses meraih gelar Liga Spanyol, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Meski sedang meraih sukses, pada 2012, Guardiola meninggalkan Barcelona dan memilih untuk cuti sebagai pelatih. Pada 2013 ia akhirnya kembali melatih, namun bukan klub Spanyol melainkan Bayern Muenchen.

4 dari 6 halaman

Rafael Benitez vs Alex Ferguson

3. Rafael Benitez vs Sir Alex Ferguson

Rafael Benitez mulai menukangi Liverpool pada 2004. Sejak kedatangannya, ia langsung terlibat perseteruan dengan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Ferguson berkata, "Ketika Anda membuatnya pribadi, Anda tidak punya peluang. Saya sudah berhasil sukses bersama tim saya. Rafael Benitez haus gelar makannya ia mengejar saya. Itu sungguh tidak bijaksana."

Enam tahun melatih The Reds, Benitez sukses meraih satu gelar Piala FA, dan Liga Champions Eropa.

5 dari 6 halaman

Ferguson vs Dalglish

4. Sir Alex Ferguson vs Kenny Dalglish

Dominasi Manchester United terhenti pada musim 1994/1995 setelah Blackburn Rovers memenangkan gelar Liga Premier. Adalah Kenny Dalglish yang mampu mematahkan dominasi MU yang saat itu ditukangi Sir Alex Ferguson.

Pada musim itu, Ferguson yang tidak ingin tertinggal di klasemen Liga Premier terus melontarkan provokasi pada Dalglish. Akan tetapi Dalglish tidak pernah menanggapi hal itu dan akhirnya ia sukses memenangkan gelar bersama Blackburn.

6 dari 6 halaman

Mourinho vs Rijkaard

5. Jose Mourinho vs Frank Rijkaard

Pertemuan antara Chelsea dan Barcelona di Liga Champions 2005 ternyata diwarnai 'bentrok' antar pelatih. Jose Mourinho yang saat itu menukangi Chelsea tidak terima dengan keputusan wasit yang memimpin pertandingan.

Pada leg pertama, The Blues tumbang 1-2 dari Barca di Camp Nou. Mourinho menuduh pihak Barcelona mendatangi ruang ganti wasit saat jeda babak pertama.

Bahkan sebelum laga dimulai, Mourinho sudah melontarkan provokasi pada Rijkaard.

"Sejarah saya sebagai pelatih tidak bisa dibandingkan dengan sejarah Rijkaard. Saya punya banyak trofi, ia tidak," ucap Mourinho.

Pada leg kedua, Chelsea sukses mengalahkan Barcelona 4-2 di Stamford Bridge. Rijkaard pun sedikit meluapkan amarahnya di lorong menuju ruang ganti stadion saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Arsene Wenger

  • Sir Alex Ferguson

Video Terkini