Sukses

GP Jerman dalam Angka: Rossi dan Pedrosa Bisa Cetak Rekor

GP Jerman menjadi serie kesembilan pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia pada tahun 2015.

Liputan6.com, Saxony - Setelah kemenangan kontroversial Valentino Rossi atas pebalap Honda, Marc Marquez di GP Belanda, 27 Juni silam, MotoGP siap memberikan suguhan menarik lagi di akhir pekan ini.

GP Jerman menjadi seri kesembilan pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia pada tahun 2015. Balapan kali ini akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring pada 12 Juli mendatang.

Marc Marquez (kiri) bersaing ketat dengan Valentino Rossi hingga finis. (AP Photo/Vincent Jannink)

Sirkuit Sachsenring mempunyai panjang 3,7 km. Sirkuit yang terdapat di Saxony, Jerman itu memiliki 14 belokan yang harus ditaklukkan oleh para pebalap.

Kevin Schwantz merupakan pebalap pertama yang menjadi raja di Sirkuit Sachsenring sejak ajang balapan motor paling bergengsi di dunia itu berganti nama menjadi MotoGP pada tahun 1991.

Mau tau fakta lainnya tentang GP Jerman sejak tahun 1991? Simak di halaman selanjutnya!

 


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GP Jerman dalam Angka

GP Jerman dalam Angka

1. Balapan di Sirkuit Sachsenring sudah digelar sebanyak 24 kali. Tercatat, baru 12 pebalap yang bisa merajai Sirkuit Sachsenring.

2. Pada tahun 2011, Dani Pedrosa mencatatkan waktu 1 menit 21,85 detik untuk menaklukkan satu lap di Sirkuit Sachsenring. Hingga saat ini, dia masih menjadi pebalap tercepat di Sirkuit Sachsenring.

Dani Pedrosa (AFP/Vincenzo Pinto)

3. Ada tiga pebalap yang sudah menjuarai GP Jerman sebanyak 4 kali, yakni Dani Pedrosa, Valentino Rossi dan Michael Doohan. Pedrosa dan Rossi yang masih terlibat balapan bisa mencetak rekor dan menjadi pebalap paling banyak menjuarai GP Jerman.

Ekspresi Valentino Rossi setelah menjadi juara. (AP Photo/Vincent Jannink)

4. Honda menjadi pabrikan yang paling sukses menaklukkan Sirkuit Sachsenring. Honda telah memenangi GP Jerman sebanyak 16 kali.

5. Pada tahun 2014, 3 pebalap asal Spanyol, yakni Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo finis di posisi pertama, kedua dan ketiga.

Dani Pedrosa dan Marc Marquez (AFP/Robert Michael)

6. Masih di tahun 2014, Marquez mencatatkan waktu tercepat dalam memutari satu lap di Sirkuit Sachsenring. Catatan waktunya, yakni 1 menit 22,03 detik. Namun, catatan waktunya masih kalah dari Pedrosa. (Cak/Tho)

Baca juga:

Martunis Tertarik Jadi Warga Negara Portugal

Martunis Jadi Satu-satunya Pemain Muslim di Sporting Lisbon

WBO Cabut Gelar Juara Mayweather yang Didapat dari Pacquiao

6 Winger Ini Bisa Gantikan Posisi Angel Di Maria di MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.