Sukses

PSSI Puji Mahaka Gelar Turnamen Tanpa "Ketuk Pintu" Tim Transisi

Tim Transisi di luar PSSI. Dalam statuta FIFA disebutkan, masing-masing anggota asosiasi tidak boleh berkomunikasi dengan pihak ke-3.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jendral PSSI, Azwan Karim memuji promotor Piala Indonesia Satu, Mahaka yang memiliki komitmen kuat tetap di bawah naungan PSSI. Mahaka sama sekali tidak berkomunikasi dengan Tim Transisi bentukan Kemenpora.

Senin kemarin, Mahaka mengumumkan sebanyak 12 tim peserta ISL telah sepakat mengkuti turnamen yang berlangsung di empat kota besar, yaitu di Bandung, Malang, Makasssar dan Bali menjadi tuan rumah masing-masing grup. Turnamen ini direncanakan bakal diputar pada 15 Agustus mendatang.

Menurut Azwan, sudah tepat Mahaka tidak menjalin komunikasi dengan Tim Transisi karena klub yang ambil bagian di turnamen itu merupakan anggota PSSI yang sah. "Kami mengingatkan Mahaka dan klub-klub yang mengikuti turnamen ini untuk terus berada di jalur statuta," kata Azwan.

Keberadaan Tim Transisi di luar PSSI. Dalam statuta FIFA disebutkan, masing-masing anggota asosiasi tidak boleh berkomunikasi dengan komite lokal pihak ketiga.

PSSI, dia melanjutkan, sudah memberikan izin pada penyelenggara untuk mengikuti turnamen ini. Perangkat pertandingan nanti dari PSSI. Format dan teknis lainnya, PSSI menyerahkan seluruhnya pada Mahaka selaku promotor. "Kami berharap turnamen ini berjalan lancar, aman dan sukses," beber Azwan.

Mahaka juga telah menunjuk empat kota sebagai tuan rumah babak penyisihan grup turnamen ini, yaitu Bandung (Persib), Malang (Arema), Bali (Bali United) dan Makassar (PSM). Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak ke perempat final dengan sistem home and away.

Sebanyak 12 klub telah bersedia ambil bagian di turnamen ini. Klub tersebut adalah: Gresik United, Persela Lamongan, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema Cronus, Bali United, Persebaya Surabaya, Barito Putera Samarinda, Persija Jakarta, Persipasi Bandung Raya, Persiram Raja Ampat, dan Mitra Kukar.

Sampai saat ini, Mahaka juga merayu dua tim asal Sumatra, Semen Padang dan Sriwijaya FC ambil bagian di turnamen ini. Karena idealnya, turnamen ini diikuti 16 klub.

(Rjp/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini