Sukses

Pesan Legenda Timnas, Rochy Putiray untuk Martunis

Pemain Indonesia banyak yang tidak kuat mental saat bermain di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu legenda Indonesia, Rochy Putiray, cukup bangga melihat bocah Aceh, Martunis, direkrut klub Portugal, Sporting Lisbon. Pasalnya hanya sedikit pemain Indonesia yang berhasil main di luar negeri untuk saat ini.

Rochy sendiri merupakan pemain yang sukses membela klub-klub di luar Indonesia. Ia pernah bermain untuk South China AA, hingga Kitchee SC. Bahkan ia sempat membobol gawang raksasa Italia, AC Milan, dan membawa Kithcee unggul 2-1 pada laga persahabatan 2004 lalu.

Martunis Ronaldo/Twitter

"Saya berpesan, semoga mental Martunis kuat. Karena pemain Indonesia selalu kalah di mental.Jika ia bisa mengatasi hal itu, tentu masa depannya bisa cerah," ujar Rochy saat ditemui Liputan6.com di Pro Arena Futsal, Pondok Indah, Jumat (4/7).

Martunis kecil dibonceng motor oleh ayahnya, Sarbini

Baca Juga: Petuah Sang Ayah Untuk Martunis

Jika dibandingkan pemain Eropa atau Asia Timur, postur pemain Indonesia lebih kecil. Namun menurut Rochy, hal itu bukanlah masalah.

"Pelatih yang pintar tidak pernah melihat pemain dari postur, ia akan lihat kemampuan," tambah eks bintang Persija Jakarta itu. "Martunis harus menetap cukup lama agar ia bisa beradaptasi dengan permainan dan suhu di sana tentunya."

Martunis Ronaldo/Twitter

Anak angkat Cristiano Ronaldo, Martunis, resmi bergabung dengan akademi Sporting Lisbon, Kamis (2/7/2015). Keberhasilannya menembus tim akademi Sporting tidak lepas dari hubungan emosionalnya dengan sang bintang, Ronaldo, kala keduanya bertemu usai bencana dahsyat, Tsunami Aceh, 2004 silam. (Ton/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.