Sukses

Tiga Senggolan Terkenal The Doctor vs Baby Alien di Lintasan Pacu

Duel pembalap beda generasi, Valentino Rossi dan Marc Marquez kembali memanas pascabalapan di Assen, Sabtu 27 Juni 2015 kemarin.

Liputan6.com, Duel pembalap beda generasi, Valentino Rossi dan Marc Marquez kembali memanas pascabalapan di Assen, Sabtu 27 Juni 2015 kemarin.

Kemenangan The Doctor di sirkuit terpanjang di Eropa itu berbau kontroversial. Pasalnya, setelah bersenggolan dengan Marquez, Rossi memotong jalur guna mempersingkat jalan. Rider veteran itu langsung tancap gas untuk menyentuh garis finis di urutan pertama.

Pro kontra sukses Rossi itu semakin menggelinding karena mendapatkannya di lap terakhir. Baby Alien, dibuat sewot oleh podium satu VR46.

Terlepas dari insiden dua pembalap itu, baik Rossi dan Marquez bukan kali ini saja bersinggungan. Berikut deretan aksi berbahaya Rossi vs Marquez di sepanjang perhelatan MotoGP di mana Marquez pertama kali naik ke kelas para Raja dua tahun lalu.

Tentu, aksi saling mendahului kedua pembalap itu menjadi sajian spesial balapan roda dua di kelas Premier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

1. MotoGP AS Laguna Seca (2013)

Di tahun pertama di kelas MotoGP, Marquez sudah  menebar ancaman pada sang veteran, Rossi. Pertama kali, Marquez menyenggol Rossi di Laguna Seca 2013.

Rossi disenggol Marquez tepat di tikungan yang sama ketika dia bersinggungan dengan Casey Stoner pada 2008 lalu. Meski demikian, Rossi menerima insiden itu dengan lapang dada.

Kejadian itu bermula ketika Marquez menyodok dari belakang dan sedikit keluar dari jalur ketika menuruni tikungan berbahaya  yang terkenal di Laguna Seca. Momen itu persis seperti Rossi melewati Stoner pada 2008.

Kenangan Rossi kembali ke lima tahun lalu. Menurut dia, itu aksi overtaking paling hebat sekaligus berbahaya dalam sejarah. Dan, Marquez sukses melakukan hal serupa. Meskipun berisiko tinggi, tapi manuver itu tidak selamanya bisa dilakukan sempurna seperti di regulasi.

"Kalau menurut saya, sah-sah saja menyalip  dengan manuver seperti itu," ucap Rossi kala itu.

3 dari 4 halaman

2

2. MotoGP Argentina (2015)
 
Rivalitas Rossi dan Marquez kembali memanas pada 2015. Drama terjadi di MotoGP Argentina yang berlansung di sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, April lalu. Rossi dan Marquez bersenggolan.

Akibatnya, Marquez yang dijuluki Baby Alien terjatuh. Padahal, kedua pembalap sedang berlomba untuk memperebutkan posisi terdepan. Insiden terjadi ketika Marquez berusaha menyusul Rossi. Namun, karena tidak mampu mengendalikan laju motor, Marquez terpental setelah ban depan motornya mengenai bagian buritan motor Rossi.

"Sayang sekali dia (Marquez) terjatuh, tapi itu karena dia melakukan kesalahan," kata Rossi seusai lomba.

Rossi menceritakan kronologis kejadian. Menurut Rossi, Marquez terlalu agresif sampai lupa diri. "Tidak sebegitunya," ucap Rossi. Lalu ketika saya membuka gas untuk akselerasi, dia mendengar senggolan lagi." VR46 terus tancap gas sampai menyentuh garis finis  di urutan pertama.

4 dari 4 halaman

3

3. MotoGP Belanda (2015)

Dan, pertarungan sengit Rossi vs Marquez  tampak nyata di lintasan balap. Sirkuit Assen, Belanda menjadi saksi bisu pertarungan dua rider tim elite MotoGP itu. Menariknya, senggolan itu terjadi di lap terakhir.

Selepas lomba, kedua pembalap pun silang pendapat. Marquez mengungkapkan, dia berada di sisi dalam, ketika Rossi memotong jalur tikungan terakhir setelah senggolan terjadi. Kita lihat apa yang terjadi sekarang," ujar Marquez, seperti dilansir MotoGP.com, Sabtu (27/6/2015). 

Sebaliknya, Rossi justru cemas kalau tidak memotong jalur, justru bisa terjatuh. "Karena saya benar-benar dalam batas diri saya dan motor saya," jelas Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.