Sukses

Indonesia vs Myanmar: Luka 2013 Masih Terasa Sakit

Menghadapi Myanmar, Indonesia memang tidak begitu “hoki”

Liputan6.com, Singapura - Indonesia bakal menjalani laga pertama SEA Games 2015. Myanmar menjadi ujian pertama Garuda Muda dalam duel di Jalan Besar Stadium, Kallang, Singapura, Selasa 2 Juni 2015.

Menghadapi Myanmar, Indonesia memang tidak begitu “hoki”. Betapa tidak, dari lima pertemuan terakhir di ajang SEA Games sejak 2001, Myanmar mampu mengalahkan Indonesia dua kali.

Indonesia terakhir kali bertemu Myanmar di SEA Games 2013 di babak penyisihan grup. Ketika itu, Indonesia memetik kemenangan tipis dengan skor 1-0. Dan jelas, pertandingan ini seakan menjadi balas dendam bagi tim berjuluk The White Angels itu. Dua tahun lalu, kekalahan itu membuat Myanmar yang kala itu menjadi tuan rumah tersingkir di fase grup.

Myanmar kalah head to head atas Indonesia padahal memiliki selisih gol yang lebih baik dari Indonesia. Indonesia lolos ke fase knock-out dengan poin yang sama dengan Myanmar, yaitu 7 poin.

Ironisnya, Myanmar sendiri buta dengan regulasi pertandingan. Pelatih Myanmar saat itu, Park Sun-hwa tidak tahu Myanmar tersingkir karena kalah head to head.

Tidak heran bila pertemuan kontra Myanmar ini membawa dendam bagi Myanmar. Namun, pelatih Myanmar, Kyi Lwin ogah berpikir tentang masa lalu. Menurut dia, kemenangan kontra Indonesia sangat menentukan untuk menjaga peluang.

“Kami harus menghadapi pertandingan ini dengan penuh rasa hormat dan berusaha tampil kompetitif. Laga pembuka grup lawan Indonesia adalah laga yang harus dimenangkan untuk menjaga peluang,” ujar sang pelatih.

Sementara itu, bagi Indonesia, pelatih Aji Santoso sadar sanksi FIFA untuk Indonesia menjadi pukulan berarti. “Kondisi pemain bagus walau sedikit terganggu dengan sanksi FIFA kemarin. Namun kami terus memberikan motivasi, jadi lihat saja di lapangan nanti,” kata Aji.

Lini depan menjadi sorotan menghadapi pertandingan pertama ini. Pasalnya, Indonesia hanya membawa dua striker murni Yandi Sofyan Munawar dan Muchlis Hadi Ning. Satu striker Indonesia, Ferinando Pahabol mengundurkan diri dari Timnas U-23 imbas konflik PSSI vs Menpora.

Lantas siapa striker untuk pertandingan nanti?“Yandi dan Hadi punya kualitas yang sama. Jadi mereka punya peluang seimbang untuk menjadi starter di laga perdana nanti," ujar Aji kepada Liputan6.com.

Prediksi Susunan Pemain

Myanmar:Van Lal Hruai, Nay Zaw Aung, Thein Naing Oo; Yan Aung Win, Khin Maung Lwin, Suan Lam Mang, Soe Min Naing; Zaw Lin, Zin Min Tun, Kyaw Ko Ko, Nanda Lin Kyaw Chit.

Indonesia:
Natshir Fadhil, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Syaiful Indra Cahya, Abduh Lestaluhu, Zulfiandi, Paolo Sitanggang, Hargianto, Evandimas Darmono, Ilhamudin Armaiyn, Yandi Sofyan Munawar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini