Sukses

Pecundangi Dortmund, Wolfsburg Angkat Trofi DFB Pokal

Ini menjadi pertama kalinya bagi Wolfsburg juara DFB Pokal setelah 72 tahun.

Liputan6.com, Berlin - Wolfsburg mampu menundukkan Borussia Dortmund dengan skor 3-1 sekaligus mengangkat trofi DFB Pokal untuk pertama kalinya pada Minggu (31/5) dini hari WIB. Dalam laga yang digelar di Olympiastadion, Berlin, empat gol yang tercipta terjadi di babak pertama.

Die Borussen memimpin lebih dulu lewat Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-6. Wolfsburg membalasnya lewat Luiz Gustavo pada menit ke-22, Kevin de Bruyne pada menit ke-33, serta Bas Dost pada menit ke-38.

Di babak pertama, laga berjalan dengan permainan terbuka, Dortmund lebih dulu berinisitaif menyerang. Gol cepat Aubameyang pada menit keenam menjadi bukti gebrakan Dortmund berjalan baik.

Akan tetapi, wolfsburg sanggup mencetak gol balasan melalui Luis Gustavo pada menit ke-22. Gol tersebut meningkatkan motivasi para pemai Wolfsburg untuk kembali menekan Dortmund.

Dua gol pun kemudian bersarang di gawang Dortmund yakni melalui De Bruyne dan Bas Dost untuk membuat skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Wolfsburg. Skor 3-1 bertahan sampai turun minum.

Wolfsburg masih memperlihatkan agresivitas dalam menyerang pada awal-awal laga. Shinji Kagawa nyaris membobol gawang Wolfsburg pada menit ke-50, tapi bola masih melenceng.  

Enam menit kemudian, tendangan Marco Reus masih membentur mistar gawang Wolfsburg. 25 menit babak kedua berlalu, Dortmund mulai rustrasi karena serangannya belum mampu memperkecil ketinggalan.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Dortmund tetap kalah 1-3 dari Wolfsburg di final DFB Pokal. Trofi DFB Pokal atau Piala Jerman ini juga menjadi yang pertama bagi Wolfsburg sejak 72 tahun.  

Sayangnya, laga ini juga menjadi perpisahan yang pahit bagi Juergen Klopp bersama Dortmund. Klopp sudah tujuh tahun menangani Dortmund dan memilih hijrah akhir musim ini.

Susunan pemain:

Dortmund: Langerak, Durm (Blaszczykowski), Subotic, Hummels, Schmelzer, Kehl (Piszczek), Gündogan, Mkhitaryan, Kagawa,  Reus (Immobile), Aubameyang.

Wolfsburg: Benaglio, Vieirinha, Klose, Naldo, Rodriguez, Luiz Gustavo, Arnold (Schurrle), Perisic (Guilavogui), De Bruyne, Caligiuri (Trasch), Dost.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.