Sukses

PSSI Kena Sanksi AFC

Sanksi dijatuhkan atas insiden nyalanya suar (flare) saat Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia tengah dihadapkan pada kemungkinan jatuhnya sanksi FIFA atas intervensi pemerintah baru-baru ini. Belum lagi kisruh tersebut selesai, PSSI harus menerima sanksi dari Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

Sanksi dijatuhkan atas insiden nyalanya suar (flare) saat Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dan Korea Selatan. Dua laga itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Maret lalu.

Komisi Disiplin AFC akhirnya memutuskan menghukum PSSI berupa denda sebesar US$ 20 ribu atau sekitar Rp 267 juta. Selain itu, laga timnas Indonesia, dengan kategori pertandingan internasional level A dalam kompetisi yang digelar AFC tidak boleh disaksikan penonton.

Artinya, PSSI dilarang menggelar pertandingan dengan penonton saat Pra Piala Dunia 2018 melawan Irak. Duel itu sedianya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada 16 Juni 2015.

Ini lima poin putusan sanksi komdis AFC untuk PSSI:

1. Berdasarkan Pasal 76 Kode Disiplin AFC (Kode), PSSI diperintahkan untuk membayar denda sebesar 20 ribu dollar US/-karena melanggar Pasal 67 Kode Disiplin, dalam dua kesempatan.

2. Hal itu harus diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak tanggal keputusan ini, serta dikomunikasikan sesuai dengan Pasal 15.3 dari Kode Disiplin.

3. Berdasarkan Pasal 33.5 Kode Disiplin, suspensi dari sanksi keputusan 031214DC04 secara otomatis dicabut dan diterapkan. Oleh karena itu, sesuai dengan Pasal 24 Kode Disiplin, PSSI diperintahkan untuk menggelar satu pertandingan tanpa penonton. Perintah ini berlaku untuk pertandingan berikutnya di kompetisi AFC yang diselenggarakan PSSI dengan melibatkan tim nasional pria level A.

4. Berdasarkan Pasal 76 Kode Disiplin, memerintahkan PSSI untuk menggelar satu laga di tempat netral. Perintah ini berlaku untuk pertandingan berikutnya di kompetisi AFC yang diselenggarakan oleh PSSI melibatkan tim nasional pria level A. Perintah tersebut akan berlaku setelah pelaksanaan semua perintah untuk memainkan pertandingan tanpa penonton diterbitkan kepada PSSI.

5. Perlu diinformasikan apabila pelanggaran ini kembali terulang, akan dijatuhi hukuman yang lebih berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini