Sukses

5 Debutan Termuda di Real Madrid Sebelum Odegaard

Cukup banyak pemain yang dikasih debut oleh Madrid pada usia remaja.

Liputan6.com, Jakarta- Bocah berbakat Norwegia Martin Odegaard jadi sorotan di laga pamungkas La Liga musim 2014-2015 yang digelar serentak Sabtu (23/5/2015) malam. Odegaard akhirnya mendapat kesempatan melakukan debut di tim senior Real Madrid kala melawan Getafe.

Pada laga yang dimenangi Madrid 7-3 itu Odegaard masuk sebagai pemain pengganti di menit 58. Dia menggantikan Cristiano Ronaldo yang mencetak hat-trick.

Odegaard pun masuk buku sejarah Madrid. Dia menjadi pemain termuda yang melakukan debut bersama Los Blancos di ajang La Liga. Odegaard pada hari Sabtu baru berumur 16 tahun, lima bulan dan enam hari.

Madrid merekrut Odegaard Januari lalu dari Stromsgodset IF. Terlebih dulu Odegaard memperkuat tim Castilla Madrid. Perkembangan positif Odegaard membuat pelatih Carlo Ancelotti memberikan eksempatan debut di tim senior.

Sebelum Odegaard, Madrid pernah beberapa kali memberikan kesempatan kepada pemain berusia 17 tahun untuk melakukan debut. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5

5. Jose Rodriguez

Jose melakukan debut bersama Madrid 15 hari sebelum ulang tahun ke-18. Saat itu Madrid menang 2-0 atas Atletico Madrid Desember 2012.

Tiga hari kemudian dia menjadi pemain termuda Madrid yang debut di Liga Champions kala menggantikan Kaka saat menang 4-1 atas Ajax Amsterdam. Rekor Jose di Liga Champions kini terancam dikalahkan Odegaard.

Sayangnya Jose gagal menembus tim utama Madrid. Sekarang dia dipinjamkan ke Deportivo La Coruna.

3 dari 6 halaman

4

4. Javi Garcia

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini pertama kali memperkuat Madrid di tahun 2004. Javi debut di usia 17 tahun, sembilan bulan dan 20 hari.

Sama seperti Jose, Javi gagal masuk tim utama Madrid. Kariernya bersinar bersama Benfica sehingga dibeli Manchester City tahun 2012 lalu. Tapi di City, Javi kembali cuma jadi cadangan sehingga tahun lalu dilepas ke Zenit St Petersburg.

4 dari 6 halaman

3

3. Samuel Eto'o

Pemain asal Kamerun ini memulai karier profesional bersama Madrid. Eto'o tampil pertama kali di tim senior Desember 1998 di usia 17 tahun, delapan bulan dan 25 hari.

Meski debut bersama Madrid, karier Eto'o bersinar terang justru saat dibeli rival abadi El Real, Barcelona. Di Nou Camp, Eto'o tiga kali juara La Liga dan dua kali Liga Champions.

5 dari 6 halaman

2

2 Raul Gonzalez

Bisa dibilang Raul merupakan pemain tersukses yang melakukan debut bersama Madrid di usia remaja. Pria yang debut di usia 17 tahun, empat bulan dan dua hari menjadi legenda hidup Los Blancos.

Dia menghabiskan 16 musim di Madrid dari tahun 1994 hingga 2010. Raul juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Madrid dengan 323 gol.

6 dari 6 halaman

1

1. Alberto Rivera

Rekor pemain termuda yang debut bersama Madrid sebelum dipatahkan Odegaard dipegang oleh Rivera. Dia tampil di usia 17 tahun, tiga bulan dan 25 hari saat masuk sebagai pemain pengganti kala Madrid menghadapi Celta Vigo Juni 1995.

Karier Rivera bersama Madrid tidak sukses. Setelah debut dia hanya sempat main tiga kali lagi bersama Madrid. Rivera lebih banyak menghabiskan karier bersama klub medioker macam Levante, Real Betis hingga Sporting Gijon. Tahun 2014 lalu Rivera sudah pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini