Sukses

Terungkap, Van Gaal Tolak Tawaran Real Madrid

Terdapat dua tawaran yang diterima Van Gaal, yakni dari Real Madrid dan Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Sebuah fakta terungkap tentang penolakan Louis van Gaal untuk menangani klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Hal ini diungkap mantan asisten Van Gaal, Gerard van der Lem, ketika masih menangani Ajax Amsterdam.   

Kala itu, bukan hanya Madrid yang mengajukan tawaran, tapi sang rival, Barcelona juga tertarik mendatangkan Van Gaal. Barcelona dan Madrid tertarik meminang Van Gaal setelah pelatih asal Belanda itu membawa Ajax menjuarai Liga Champions dengan sederet pemain muda. 

Pada 1997, Van Gaal akhirnya lebih untuk melatih Barcelona dan menolak tawaran dari Madrid. Van der Lem mengungkapkan bahwa dia yang menyarankan agar Van Gaal mengambil pekerjaan sebagai pelatih Barcelona ketimbang Madrid.   

"Real Madrid dan Barcelona, keduanya menginginkan Van Gaal pada 1997," ungkap Van der Lem, seperti dilansir De Telegraaf.

"Dia bertanya kepada saya: 'Apa yang kamu inginkan?' Saya katakana bahwa saya memilih Barcelona. Madrid berada di tengah wilayah Spanyol, dan selalu begitu panas saat musim panas dan sangat dingin saat musim dingin," jelasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Van Gaal sendiri sesungguhnya sejak awal menyiratkan untuk memilih Blaugrana daripada Los Merengues. Van der Lem sendiri menyetujui hal tersebut, karena menurut dia Barcelona adalah kota yang lebih indah dari Madrid.  

"Barcelona lebih memiliki cuaca yang menyenangkan, terlihat seperti kota yang lebih baik dan saya menikmati lautnya," tutur dia.

"Louis kemudian mengatakan kepada saya bahwa dia akan membuka pembicaraan dengan Barcelona," sambung Van der Lem.

Van Gaal, yang kini menjabat sebagai manajer Manchester United, memiliki masa dua periode menangani Barcelona, yakni yang pertama pada 1997-2000 kemudian pada 2002-2003. Dia mempersembahkan dua gelar La Liga untuk Blaugrana, satu trofi Copa del Rey, dan satu Piala Super Eropa.

Baca juga:

Bukti Nyata Van Gaal Lebih Hebat dari Ferguson dan Moyes

4 Bintang Bidikan MU, 1 di Antaranya Keturunan Indonesia

5 Kiper yang Pantas Gantikan Casillas di Madrid, Selain De Gea

Ketum PSSI Kirim 'Surat Cinta' untuk Menpora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini