Sukses

Sekilas Perjalanan Xavi di Barcelona & Spanyol

Xavi sebut La Masia sebagai sekolah kehidupan.

Liputan6.com, Barcelona: Perjalanan karier Xavi Hernandez di Barcelona boleh disebut sangat mulus. Pria kelahiran Terrassa ini sudah terpilih jadi murid La Masia saat berusia 11 tahun. Selanjutnya, seperti diceritakan Marca, takdir pun mengantarnya sukses dengan "Azulgrana".

Setelah melewati beberapa tes, Xavi tembus Barca B. Dia membawa tim muda Barcelona ini promosi ke segunda pada musim 1997/98. Tak butuh waktu lama, di usianya yang ke-18 tahun, dia sudah memulai debut untuk Barcelona tepatnya pada 18 Agustus 1998.

Panggung Piala Super Spanyol justru menjadi panggung pertama bintang Barcelona ini di debutnya. Well, Xavi langsung membuat impresi dengan mencetak gol di debutnya ini.

Sejak saat itu, Xavi selalu menjadi pemain inti sehingga sudah mencetak 700 kali penampilan dengan Barcelona di berbagai kompetisi. Dia sudah mencetak 82 gol dan memberi 150 assist  untuk 50 pemain berbeda.

Kehebatannya dalam memberi assist membuatnya dijuluki sebagai "master of passing". Dia juga mendapatkan julukan sebagai pemain Spanyol paling sukses di sejarah.

Xavi Hernandez saat perayaan juara usai juara Liga Champions 2009 lalu (CARL DE SOUZA / AFP)

Xavi sendiri melakoni debut bersama timnas Spanyol pada tahun 2000. Dia sudah tampil sebanyak 130 kali. Prestasinya mentereng yaitu meraih dua Piala Eropa dan satu kali Piala Dunia.

Xavi menilai jika keberhasilannya sejauh ini berkat gemblengan La Masia. Dia menyebut La Masia sebagai "sekolah kehidupan". Sepanjang 24 tahun kariernya di Barcelona, Xavi tetap patuh menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkannya di La Masia.

Saat di lapangan, tak ada yang meragukan kehebatan Xavi. Rekan-rekannya di lapangan selalu rela untuk memberinya bola dan lalu menyambut umpan ciamiknya untuk dikonversi menjadi gol.

Dua sahabat Xavi Hernandez dan Andres Iniesta (NELSON ALMEIDA / AFP)

Ingin lihat momen-momen ciamik Xavi? Klik video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.