Pertama Kalinya, Laga Pra Piala Eropa Diulang Hanya 18 Detik

Oleh Windi.Wicaksono pada 10 Apr 2015, 05:33 WIB
Ilustrasi Kick Off Sepak Bola

Liputan6.com, Belfast - Pertandingan pra Piala Eropa U-19 wanita Grup 4 antara Timnas Inggris melawan Timnas Norwegia harus diulang hanya selama 18 detik. Ini merupakan pertama kalinya Otoritas Sepak bola Eropa (UEFA), memutuskan untuk mengulang sebuah pertandingan, setelah wasit meniup peluit panjang.

UEFA bukan tanpa alasan mengambil keputusan ini, sebab wasit yang memimpin laga tersebut dianggap melakukan kesalahan yang fatal. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Seaview, Belfast, Irlandia Utara, pada detik-detik terakhir, wasit melakukan kesalahan sebelum meniup peluit akhir.

Kesalahan yang dilakukan wasit bernama Marija Kurtes itu adalah ketika Inggris mendapatkan penalti pada menit akhir atau 18 detik sebelum laga usai. Penalti berhasil dieksekusi oleh pemain Inggris, tapi Kurtes malah membatalkan gol tersebut dan memberi Norwegia tendangan bebas tidak langsung.

Kurtes mengambil keputusan itu karena menilai pemain Inggris memasuki kotak penalti sebelum bola ditendang sang eksekutor. Sesuai peraturan, Kurtes seharusnya memerintahkan pemain Inggris untuk mengulang tendangan penalti, bukan membatalkan penalti dan memberikan tendangan bebas tak langsung untuk Norwegia.

"Setelah timnas perempuan Inggris U-19 kontra Timnas Norwegia U-19 pada Sabtu 4 April 2015, FA mengirim surat protes kepada UEFA terkait penalti yang dibatalkan. Karena kesalahan penerapan peraturan pertandingan oleh wasit, UEFA memerintahkan laga diulang dari titik penalti," bunyi pernyataan FA seperti dilansir Reuters.

Pertandingan ulangan sendiri akan digelar pada Kamis (9/4/2015) pukul 20.45 waktu setempat di Stadion Seaview di Kota Belfast, Irlandia Utara. Akibat blunder yang dilakukan wasit bernama Kurtes, dia harus dipulangkan dan tak akan memimpin laga itu lagi. 

Baca juga: 

"Karier Saya Hancur di Manchester United"

Performa Ozil di Arsenal Menurun, Lihat Data di Sini

Model Seksi Argentina Jatuh Cinta dengan Cristiano Ronaldo

Pantaskah Hummels Gabung MU? Intip Data di Sini

Alap Alap GandhenAlap Alap Gandhen

Lucu nich