Sukses

Sacchi: Hanya 5 Tim Italia yang Peragakan Sepak Bola Positif

Siapa saja lima pelatih yang menarik perhatian dari Arrigo Sacchi.

Liputan6.com, Milan - Pelatih legendaris asal Italia, Arrigo Sacchi menyebut hanya ada lima tim yang menampilkan permainan positif. Kelima tim itu adalah Empoli, Sassuolo, Napoli, Cagliari dan Sampdoria yang disebutnya mempraktikkan sepak bola optimistis di Serie A.

"Di Italia terlalu banyak pesimisme. Saya bekerja keras semasa masih aktif melatih untuk menunjukkan bahwa sebuah kemenangan tanpa kepuasan bukanlah sebuah kemenangan, tapi kami masih perlu pelajaran tersebut," ujarnya.

"Marco van Basten selalu bertanya kepada saya mengapa tim-tim lain sudah puas dengan hanya menang, tapi Milan harus menang dengan meyakinkan.. Banyak orang bilang Milan di era saya adalah terbaik sepanjang waktu dan Billy Costacurta mengatakan kalau tim-tim luar sampai menjiplak strategi saya tapi itu tak ditemukan di Italia."

Sacchi mengaku salut dengan pelatih-pelatih yang bisa bebas menerapkan strategi. Itu dikatakannya tidak ditemukan di banyak klub Italia, tapi hanya ada 5 klub Italia saja.

"Baru-baru ini terdapat grup yang terdiri dari pelatih optimistis yang benar-benar menikmati pertandingan tanpa direcoki berbagai banyak taktik. Mereka harus bisa lebih berani meski itu tidak mudah dengan situasi yang terjadi di negeri ini."

"Sebagai contoh, saya bisa menyebut Maurizio Sarri di Empoli, Eusebio Di Francesco di Sassuolo, Rafa Benitez yang melatih Napoli, Cagliari yang dibesut Zdenek Zeman dan Sampdoria yang dilatih Sinisa Mihajlovic. Mereka semua pelatih yang melakukan keputusan berani di lapangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini