Sukses

Timnas Indonesia Hancurkan Myanmar di Sidoarjo

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Myanmar.

Liputan6.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia berhasil membungkam Myanmar dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (30/3/2015) sore WIB. Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Raphael Maitimo dan Cristian Gonzales. Sedangkan gol balasan Myanmar diciptakan David Htan.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, pasukan Benny Dollo itu langsung melakukan serangan sejak wasit meniup peluit. Peluang pertama didapat skuat Garuda pada menit kelima. Memanfaatkan umpan lambung dari Hasim Kipuw sundulan Ferdinand Sinaga masih melambung jauh dari atas gawang.

Enam menit kemudian anak asuh Benny Dollo itu hampir saja membuka keunggulan. Namun, sundulan keras Bio Paulin masih bisa ditepis dengan kaki oleh penjaga gawang Myanmar, Vanlal Hrual.

Meski tertekan, Myanmar sesekali mencoba melakukan serangan. Tapi, lini pertahanan Indonesia masih mampu menjaga dengan baik setiap serangan yang dilancarkan.

Ferdinand kembali mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan. Bermain satu-dua dengan Boaz Salossa membuatnya memperoleh ruang melepaskan tembakan voli ke gawang. Tetapi gagal mengubah kedudukan.

Pada menit ke-23 Ferdinand lagi-lagi meraih kesempatan mencetak gol. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Boaz, sontekan pemain anyar Sriwijaya itu belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, giliran Boaz yang mencoba peruntungan menceploskan gol. Penyerang Persipura ini melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti yang masih mampu ditepis penjaga gawang Myanmar.

Lima menit jelang turun minum, Myanmar hampir membobol gawang timnas Indonesia. Tembakan keras mendatar yang dilepaskan pemain Myanmar gagal ditangkap sempurna penjaga gawang I Made Wirawan dan bola liar bisa dibuang Victor Igbonefo.

Selepas itu skuat Garuda mendapatkan dua peluang beruntun. Umpan tarik Ferdinand langsung disambar Gonzales tetapi masih bisa diblok bek Myanmar. Tak hanya itu, sontekan Zulham Zamrun juga gagal berbuah gol.

Meski sepanjang pertandingan timnas Indonesia mendominasi, tapi skor imbang 0-0 tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Satu menit babak kedua berjalan timnas Indonesia memiliki peluang emas. Ferdinand yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Myanmar tetap tak bisa mencetak gol.

Setelah itu giliran Myanmar yang hampir mencetak gol. Zin Min Tun melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang masih melambung jauh dari sasaran.

Skuat Merah Putih akhirnya benar-benar membuka keunggulan. Raphael Maitimo mencetak gol pembuka di menit ke-60.

Gol bermula dari terobosan Kipuw di sisi kanan dan disambar sontekan Zulham dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, bola mengenai Maitimo dan berbelok masuk ke dalam gawang.

Pada menit ke-74 Cristian Gonzales menambah keunggulan timnas Indonesia menjadi 2-0. Berawal dari antisipasi yang tidak cermat dari bek Myanmar, Gonzales berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan keras.

Lima menit jelang berakhirnya pertandingan Myanmar mampu mempekecil kedudukan menjadi 1-2. David Htan menusuk dari sisi kanan, sebelum akhirnya melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau I Made.

Skor 2-1 untuk kemenangan timnas Indonesia bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain

Indonesia: I Made Wirawan, Hasim Kipuw, Victor Igbonefo, Ahmad Farizi, Bio Paulin (Achmad Jufrianto), Raphael Maitimo (Rizky Pellu), Bayu Gatra (Tantan), Hariono (I Gede Sukadana), Ferdinand Sinaga (Kim Jeffrey Kurniawan), Boas Salossa, Zulham Zamrun.

Myanmar: Hrual, Lwing, Aung Zaw, Min Htut, Win Aung, David Htan, Aung Kyawa, Lin Kyaw Chit, Kyi Lin, Zin Min Tun, Kyaw Ko Ko.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini