Sukses

Timnas U-23 Hajar Brunei di SUGBK

Gol dari Ahmad Nufiandani dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh membawa Indonesia menang atas Brunei.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 sukses mengemas kemenangan keduanya saat berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam kualifikasi piala AFC U-23 2016. Gol dari Ahmad Nufiandani dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh membawa skuat Garuda menang 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pada laga ini, Evan Dimas Darmono, Muhammad Abduh Lestaluhu, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dicadangkan pelatih Aji Santoso, Minggu (29/3/2015) sore WIB.

Sebagai pengganti Evan Dimas, Aji memainkan Paulo Oktavianus Sitanggang untuk menemani Adam Alis Setyano, Hendra Adi Bayauw, Antoni Putro Nugroho, dan Ahmad Nufiandani di lini tengah dengan skema 4-5-1. Sementara untuk penyerang, Aji memainkan Ilham Udin Armaiyn.

Di kubu Brunei, pelatih Stephen Heng Seng sepertinya akan mengistruksikan pemainnya bermain bertahan di laga nanti dengan skema 5-4-1.

Sejak menit pertama, Indonesia  mencoba untuk mencari gol cepat dan itu terjadi ketika umpan dari Ilham Udin Armayn  menemui kaki Ahmad Nufiandani tapi bola sepakannya terpantul badan bek Brunei. 

Di menit ke-4, bek-bek Indonesia justru melakukan kesalahan ketika tim tamu melancarkan serangan. Pergerakan MD Nur Syazwan Bin Hali diganggu dan berujung pada pelanggaran di kotak penalti. Akan tetapi sepakan Mohammad Aimmil Rahman Bin Ramlee bisa diblok oleh M. Natshir dan Indonesia pun terhindar dari posisi tertinggal.

Skuad Garuda terus mencoba untuk mengurung Brunei dan di menit ke-16, Hendri Bayauw merangsek ke kotak penalti dan sempat melepaskan tendangan tapi bola hanya melambung tipis di atas gawang Ahsanuddin.

Tidak mau menyerah mengejar gol pertama, Adam Alis mencoba melakukannya dari luar kotak penalti di menit ke-19 tapi bola malah mengarah ke tribun Z selatan Stadion Gelora Bung Karno.

Memasuki menit ke-37, Ilham Udin nyaris membobol gawang Brunei. Melakukan kerjasama dengan Antoni Putro, striker Persebaya itu merangsek masuk dan menendang bola menggunakan kaki kirinya tapi Ahsanuddin membelokkan bola dengan kakinya. 

Di menit ke-46, Indonesia punya peluang bagus via Antoni Putro yang mendapat bola dari sisi kiri, sedikit memutar badannya ia menendang bola tapi mistar gawang masih menggagalkannya. Hingga 45 menit dimainkan, skor 0-0 masih terpampang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalannya Babak II

Di babak kedua, permainan sempat terhenti karena beberapa para pemain Brunei harus meregangkan kakinya karena mengalami kram. Di menit ke-57, Ilham Udin lepas dari pengawalan bek lawan, dia kemudian melepaskan tendangan tapi bola masih terpantul sehingga Indonesia hanya mendapat sepak pojok.

Serangan Indonesia tampak kian monoton dan putus asa. Kerap kali tim besutan Aji Santoso ini kesulitan membongkar pertahanan Brunei yang bertahan rapat. Antoni Putro, Adam Alis kerap melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi upaya yang dilakukan masih belum bisa mengubah skor.

Di menit ke-68, Wawan Febriyanto berlari di sisi kanan dan mengirim umpan ke tengah di mana Ahmad Nufiandani berdiri bebas tapi bola dibuang bek Brunei. Indonesia akhirnya membobol gawang Brunei saat terjadi kemelut di kotak penalti di menit ke-70 lewat Ahmad Nufiandani, sempat coba digagalkan kiper Brunei tapi bola terus bergulir.

Indonesia berpeluang menggandakan keunggulan di menit ke-75 ketika Wawan Febriyanyo yang berada di depan kotak penalti Brunei, pemain Pelita Bandung Raya itu menendang bola menggunakan kaki kirinya, apes upayanya masih terpantul tiang gawang.

Tim merah putih akhirnya bisa menambah keunggulan di menit ke-88, Antoni Putro memberikanbola dari sayap kanan yang disambut kepala Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Bola hasil tandukan juru gedor PSM Makassar  mengubah skor menjadi 2-0 untuk Indonesia U-23. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Berkat hasil ini, Indonesia menjadi pemuncak klasemen grup H kualifikasi piala AFC U-23 2016 dengan enam poin dari dua laga. Rencananya pukul 19.00 WIB, Korea Selatan akan berhadapan dengan Timor Leste.

Susunan Pemain

Indonesia U-23: 12 M. Natshir; 4 Andik Rendika Rama, 13 Manahati Lestusen, 14 Putu Gede Juni Antara, 16 Hansamu Yama Pratama; 7 Hendra Adi Bayauw, 8 Antoni Putro Nugroho, 17 Paulo Oktavianus Sitanggang, 18 Adam Alis Setyano, 24, Ahmad Nufiandani; 20 Ilham Udin Armaiyn

Brunei Darussalam U-23: 1 Ahsanuddin; 2 Mohd Nur Azees Bin Awg Ali, 3 Mohd Asnawi Syazni, 4 MD Khairil Shame B Suhaimi, 5 Suhaimi Anak Salau, 6 Abdul Khair B Haji Basri; 7 Muhamad Faiz Farhan B Kamat, 8 AK Yura Indera Putera, 16 Abang Hazim, 17 Mohammad Aimmil Rahman Bin Ramlee ; 9 MD Nur Syazwan Bin Halidi.

Baca juga :

Adam Alis Kuak Resep Jitu Rebut MVP Timnas U-23 vs Timor Leste

Balik ke Liverpool, Torres Nantikan Duet dengan Suarez

Deretan Pesepak Bola yang Pernah Berjuang Melawan Meningitis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini