Sukses

Debutan yang Langsung Bersinar di El Clasico

Siapa saja pemain bintang Barcelona dan Real Madrid yang langsung cetak gol di debut?

Liputan6.com,Barcelona: Dalam setiap momen kala El Clasico digelar, bintang baru dari Real Madrid atau Barcelona selalu disorot. Bergabungnya bintang baru di dua klub raksasa Spanyol ini bakal ditunggu penampilannya di El Clasico.

Entah itu berposisi striker, bek atau tengah, selama dia menjalani debut di El Clasico pasti disorot. Biasanya memang, posisi striker yang paling disorot penampilannya. Tentu, ada yang langsung sukses menjalani debutnya, tapi ada pula yang gagal memenuhi ekspektasi.

Siapa saja mereka? Berikut detailnya pemain yang langsung bersinar di El Clasico seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber dan terungkap pada 4 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic menjadi transfer yang menghebohkan di jagat sepak bola Spanyol pada 2009 lalu. Itu karena pemain, yang diboyong dari Inter Milan dengan transfer 69,5 juta pounds plus Samuel Eto'o, itu digadang-gadang bisa menjadi bomber menakutkan di Barcelona.

Benar saja, Ibra langsung memberikan impresi yang bagus saat tampil perdana di El Clasico. Kesempatan pertama tampil di duel terpanas di muka bumi itu terjadi pada 30 November 2009.

Laga El Clasico saat itu seperti bakal berakhir 0-0 karena baik Barcelona atau Real Madrid seperti kesulitan untuk mencetak gol. Namun di menit ke-55, Dani Alves melepas umpan jauh yang langsung disambar Ibra dengan tembakan first time. Gol dan Barcelona menang 1-0 kala itu.

Hebatnya, Ibra cetak gol setelah menjadi pengganti Thierry Henry. Butuh 4 menit bagi Ibra untuk mencetak gol pertama saat lakoni debut di El Clasico.

3 dari 5 halaman

2

2. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy atau Ruudtje diboyong Madrid pada 1 Agustus 2006. Dia diboyong dengan transfer 15 juta euro dari Manchester United (MU).

Kehadiran Ruudtje mencuatkan ekspektasi yang tinggi karena ketajamannya saat di MU maupun klub sebelumnya. Ujian pertama ketajaman van Nistelrooy terjadi di El Clasico pada 23 November 2006.

Bermain di Stadion Bernabeu yang dipadati 90 ribu penonton, striker asal Belanda itu tidak tampil mengecewakan. Dia mampu mencetak satu gol kemenangan saat Madrid bungkam Barcelona 2-0.

4 dari 5 halaman

3

3. David Villa

Diboyong dengan transfer 40 juta euro dari Valencia, striker tersubur di timnas Spanyol, David Villa memang diharapkan bisa berbuat banyak di Barcelona.

Villa pun mendapatkan kesempatan pertama unjuk gigi di El Clasico pada 30 November 2010. Tak disangka, Villa tidak canggung sama sekali tampil bersama Barcelona.

Dia mencetak 2 gol saat Barcelona hancurkan Real Madrid 5-0 di Camp Nou. Duel yang dicap Xavi Hernandez sebagai duel El Clasico terbaik ini pun berlalu sangat berkesan bagi Villa. Sejenak, publik Katalunya tak khawatir jika Messi tak cetak gol meski akhirnya Villa terdepak juga dari Camp Nou semusim kemudian.

5 dari 5 halaman

4

4.Neymar

Diboyong Barcelona pada Agustus 2013, Neymar memulai debutnya di El Clasico pada 23 Oktober 2013. Kehadiran Neymar saat itu disandingkan dengan megatransfer Real Madrid, Gareth Bale.

Keduanya selalu dibanding-bandingkan karena diboyong dengan harga yang mahal. Lalu siapa yang sukses di El Clasico saat menjalani debut? Neymar ternyata jadi "pemenangnya". Pemuda asal Brasil ini langsung mencetak gol saat Barcelona menang 2-1 atas Real Madrid di El Clasico.

Menerima umpan terobosan Andres Iniesta, Neymar mampu menceploskan bola lewati kedua kaki kiper Iker Casillas. Puja-puji langsung didapatkan Neymar saat itu. Sedangkan Bale langsung disorot dan dicap jelek, meski di akhir musim dia menikmati puja puji karena mencetak gol penentu di final Piala Raja dan final Liga Champions.

Baca juga:

Pemain Ini Kunci Sukses Ter Stegen Tepis Penalti Aguero

Video Messi Kecoh James Milner, Guardiola Terpukau

Barcelona Siap Tempur Hadapi El Clasico

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.