Sukses

5 Bek Chelsea yang Haus Gol

Dari 134 penampilan di seluruh ajang kompetisi, Cahill telah mencetak 12 gol di mana dua diantaranya ditorehkan musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea memiliki pemain-pemain berkualitas di setiap lini, termasuk sektor pertahanan. Selain trengginas dalam menjaga pertahanan, deretan bek Chelsea musim ini juga kerap membobol gawang lawan.

Sejak diasuh Jose Mourinho, The Blues terkenal dengan sektor pertahanan yang tangguh. Bahkan tak jarang, The Special One menerapkan strategi 'parkir bus' atau bertahan total.

Dengan taktik tersebut, gawang Chelsea sulit ditembus oleh lawan-lawannya. Walhasil, gawang skuat Si Biru yang dikawal Thibaut Courtois dan Petr Cech tercatat 18 kali tetap perawan di seluruh ajang kompetisi musim ini.

Para pemain belakang Chelsea rupanya tak hanya apik dalam mengawal jantung pertahanan, tapi juga mencetak gol krusial buat tim. Total, sudah 17 gol yang disumbangkan lima pemain bertahan The Blues musim ini.

Lantas, siapa sajakah mereka? Simak ulasannya di halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.

Filipe Luis

Pemain asal Brasil ini ditebus Chelsea dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas tahun lalu. Luis diboyong ke Stamford Bridge untuk memperkuat sisi kiri pertahanan yang ditinggal Ashley Cole.

Sayang, pemain 29 tahun tersebut bukanlah pilihan utama Jose Mourinho. Dia kalah bersaing dengan Cesar Azpilicueta yang selalu tampil sejak menit awal. Sejauh ini, Luis baru bermain sebanyak 21 kali diseluruh ajang kompetisi.

Namun begitu, Filipe Luis memiliki naluri mencetak gol. Pemain bernomor punggung tiga itu telah menyumbangkan satu gol buat The Blues, yakni saat memetik kemenangan 3-1 atas Derby County di laga putaran kelima Piala Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

2.

Kurt Zouma

Zouma merupakan salah satu bek masa depan Chelsea. Bahkan, Mourinho menyebut pemain 20 tahun itu memiliki kemampuan untuk menggantikan peran John Terry di masa depan.

Ucapan manajer asal Portugal itu bukannya tanpa dasar. Sebab, Zouma tak hanya ciamik saat mengawal pertahanan tapi juga membantu tim membobol gawang lawan. Meski baru bermain sebanyak 15 kali di musim ini, tapi Zouma telah mencetak dua gol.

Terakhir kali, dia mencatatkan namanya di papan skor adalah saat The Blues menang 3-0 atas Watford di putaran keempat Piala FA, 4 Januari lalu.

4 dari 6 halaman

3.

Gary Cahill

Digaet dari Bolton Wanderers pada Januari 2012 lalu, Cahill langsung menjadi duet sehati John Terry di jantung pertahanan. Kerjasama nya dengan Terry membuat pemain lawan sulit menembus pertahanan The Blues.

Selain gemilang dalam mematahkan serangan tim lawan, bek bertinggi badan 193 cm tersebut beberapa kali menyumbangkan gol kemenangan buat Chelsea. Dari 134 penampilan di seluruh ajang kompetisi, Cahill telah mencetak 12 gol di mana dua diantaranya ditorehkan musim ini. Tidak hanya menyumbangkan dua gol, penggawa timnas Inggris itu juga mencatatkan dua assist.

5 dari 6 halaman

4.

Branislav Ivanovic

Ivanovic adalah salah satu pemain gaek yang dimiliki Chelsea. Kendati telah berkepala tiga, tapi pemain asal Serbia tersebut masih mampu menghadang berbagai serangan yang dilancarkan lawan.

Dia pun bisa dimainkan sebagai bek tengah maupun mengawal sisi kanan pertahanan Chelsea. Seperti dilansir Whoscored, pemain 31 tahun itu memiliki keunggulan dalam melakukan duel-duel udara, mempertahankan bola, serta berkonsentrasi penuh dalam menjaga sektor belakang.

Tak heran dengan kemampuannya tersebut, Branislav Ivanovic sangat disegani penyerang maupun pemain bertahan lawan. Sebab, dia tidak hanya bagus dalam bertahan tapi juga mencetak gol. Total, Ivanovic telah mencetak 31 gol dari 303 pertandingan yang dijalaninya bersama Skuat Si Biru, yang mana enam diantaranya ditorehkan musim ini.

6 dari 6 halaman

5.

John Terry

Kemampuan pemain 34 tahun ini dalam mengawal pertahanan tak perlu diragukan lagi. Terry adalah salah satu bek tangguh di Inggris maupun Eropa. Pemain-pemain lawan kerap kerepotan saat berduel dengan mantan kapten timnas Inggris ini.

Selain tangguh di lini belakang, John Terry juga menakutkan ketika berada di dalam kotak penalti lawan. Pemain bernomor punggung 26 ini mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk mencetak gol, terutama dalam situasi set piece. Sejauh ini, Terry telah mencetak 59 gol dari 653 penampilan di seluruh ajang kompetisi, di mana enam gol disumbangkannya pada musim 2014/15.

Terakhir kali dia mencatatkan namanya di papan skor adalah ketika Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur di final Piala Liga Inggris musim ini. Gol nya di menit ke-45 berhasil membawa The Blues menang 2-0 sekaligus meraih trofi juara Piala Liga.

Baca Juga:

Mourinho Tertarik Latih MU?

Dosa-dosa Sir Alex Selama di MU

Hazard Persembahkan Trofi "Mickey Mouse" untuk Fans

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.
    John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.

    John Terry

  • Branislav Ivanovic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia di posisi bek kanan.
    Branislav Ivanovic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia di posisi bek kanan.

    Branislav Ivanovic

  • Kurt Zouma adalah pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain di klub Inggris Chelsea posisi di bek tengah.
    Kurt Zouma adalah pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain di klub Inggris Chelsea posisi di bek tengah.

    Kurt Zouma

  • Filipe Luis

  • Gary Cahill