Sukses

Gilas Newcastle, City Tempel Ketat Chelsea

Chelsea kini hanya terpaut lima poin atas Chelsea yang berada di atasnya.

Liputan6.com, Manchester - Manchester City memetik kemenangan meyakinkan saat bersua Newcastle United di laga pekan ke-26 Liga Primer Inggris. City mampu melumat The Toon Army dengan skor 5-0.

Kelima gol The Citizens disarangkan oleh Sergio Aguero menit ke-2, Samir Nasri menit ke-12, Edin Dzeko di menit ke-21, serta David Silva pada menit ke-51 dan 53.

Kemenangan ini membuat Man City mengamankan posisi dua klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan mendulang 55 poin hasil dari 26 pertandingan. Mereka kini hanya terpaut lima poin atas Chelsea yang berada di atasnya. Sedangkan Newcastle berada di tangga ke-11 dengan mengoleksi 32 poin.

Menjamu Newcastle di Etihad Stadium, Minggu (22/2) dini hari WIB, The Citizens tampil percaya diri. Laga baru berjalan satu menit, City mendapatkan hadiah penalti setelah Edin Dzeko dijatuhkan Vurnon Anita di kotak terlarang.

Aguero yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan 12 pas Aguero ke sudut kanan bawah berhasil memperdayai kiper Tim Krul.

Tak butuh waktu lama bagi The Citizens untuk menggandakan keunggulan. Pada menit ke-12, Samir Nasri berhasil mengoyak gawang Newcastle dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Memimpin 2-0, Manchester City terus mengurung pertahanan The Magpies. Bahkan ESPN mencatat, pasukan Manuel Pellegrini tersebut mampu menorehkan 57 persen ball possession berbanding 43 persen.

Masuk menit ke-21, Edin Dzeko turut membobol gawang Newcastle. Umpan lambung David Silva diterima dengan baik oleh Dzeko. Menahan bola dengan dada, penyerang 28 tahun tersebut langsung menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang dengan sepakan keras kaki kiri.

Newcastle sendiri masih sulit mengembangkan permainan. Pergerakan Vurnon Anita, Moussa Sissoko hingga Papiss Cisse berhasil diredam barisan belakang City yang dimotori Vincent Kompany.

Memasuki menit-menit akhir, Manchester City tetap mendominasi. Akan tetapi, hingga turun minum tidak ada lagi gol tambahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Masuk paruh kedua, Newcastle mencoba menekan pertahanan The Citizens. Bahkan, Papiss Cisse nyaris mencetak gol di menit ke-47. Tapi, sepakan keras kaki kiri Cisse sukses dimentahkan oleh Joe Hart.

David Silva berhasil memperbesar keunggulan City menjadi 4-0. Umpan mendatar Nasri dari dalam kotak penalti mampu dituntaskan Silva menjadi gol dengan tendangan kaki kiri.

Dua menit berselang Silva kembali merobek gawang The Magpies. Berawal dari umpan lambung Yaya Toure, bola disambut oleh Aguero dengan dadanya. Si kulit bundar pun jatuh tepat di kaki Silva. Tanpa ampun, gelandang timnas Spanyol tersebut menjaringkan bola ke pojok kiri gawang dengan sepakan keras kaki kiri.

Memimpin lima gol, pasukan Manuel Pellegrini tersebut sama sekali tak mengendurkan serangan ke pertahanan Newcastle. Sejumlah peluang bagus didapat oleh Eliaquim Mangala, Dzeko hingga Bony. Sayang, tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Sampai pertandingan berakhir, skor 5-0 untuk kemenangan Manchester City tetap bertahan.

Susunan Pemain Kedua Tim:
Manchester City (4-4-2): Joe Hart; Kolarov, Mangala, Kompany, Zabaleta; David Silva (Jesus Navas 59'), Toure, Fernandinho, Samir Nasri (Frank Lampard 70'); Aguero (Wilfried Bony 60'), Dzeko.

Newcastle United (4-3-3): Tim Krul; Janmaat (Ryan Taylor 71'), Williamson, Coloccini, Haidara; Sissoko, Anita (Mehdi Abeid 46'), Colback; Gouffran (Gabriel Obertan 86'), Cisse, Perez.

Baca Juga:

ISL Ditunda, 18 Klub Keluarkan Pernyataan Sikap

Manchester City vs Newcastle: Tekad The Citizens Jaga Asa Juara

Bony: Saya Bintang Baru Manchester City!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.