Sukses

9 Data dan Fakta Unik Seputar FIFA Ballon d'Or

Penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or akan digelar dalam hitungan jam.

Liputan6.com, Zurich - Penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or akan digelar dalam hitungan jam hari ini. Tiga nama kandidat pemain terbaik se-planet ini telah ditentukan otoritas regulator sepakbola dunia FIFA.

Penghargaan bakal diberikan di markas besar FIFA di Zurich, Swiss, Senin (12/1/2014) waktu setempat. Dan kandidat tiga pemain itu  masih sama seperti tahun lalu. Mereka adalah: kiper Manuel Neuer, pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi. Pada 2013 lalu, Ronaldo berhak atas penghargaan individual tertinggi itu. Pemain Real Madrid itu menyingkirkan Lionel Messi dan Franck Ribery.

Ronaldo tampil sebagai juara setelah mengantarkan Madrid meraih La Decima alias gelar Liga Champions ke-10. Mantan pemain termahal di dunia itu mengantongi suara 27,99 persen, menyingkirkan Lionel Messi (24,72%) dan Franck Ribery (23,36%).

Dilansir dari situs resmi FIFA, banyak data dan fakta menarik seputar penghargaan yang diprakarsai media sepakbola Prancis, France Football. Apa saja itu? Simak rangkuman yang dikutip Liputan6.com:

1. Presentase 80 persen dari pemenang dan runner-up adalah pemain yang bermain di partai final Piala Dunia.

2. Angka 20 menjadi usia termuda pemain Brasil, Ronaldo yang mampu menyabet penghargaan sebagai pemain termuda.

3. Pemain dari Amerika Selatan menjadi paling banyak menyabet gelar individu tertinggi . Tercatat, 12 pemain terbaik dunia berasal dari Benua Amerika Selatan, sedangkan Eropa 10 kali.

4. Sebenarnya, bila dihitung murni dari jumlah pemain dan tidak menghitung bahwa satu pemain bisa meraih penghargaan lebih dari sekali, pemain dari Eropa berjumlah tujuh orang saja yang memenangi gelar ini. Mereka adalah Lothar Matthaus, Marco van Basten,Roberto Baggio, Zinedine Zidane, Luis Figo, Fabio Cannavaro dan CR7.

Sedangkan, enam pemain berasal dari Amerika Selatan, yaitu: Romario, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, Kaka dan Messi dengan 4 kali gelar juara.

5. Brasil menjadi negara paling sukses. Sebab, 8 pemain keluar sebagai pemenang Ballon d'Or diikuti Argentina 4 pemain, Portugal tiga pemain dan Italia dua pemain.

6. Barcelona menjadi klub tersukses di mana 10 pemainnya sanggup menyabet gelar FIFA Ballon d'Or. Termasuk ketika Messi meraih gelar super bergengsi itu selama 4 kali beruntun.

7. Lionel Messi 8 tahun beruntun menembus tiga kandidat pemain terbaik dunia. Dan 4 tahun di antaranya, Messi mendapatkan gelar tersebut secara beruntun.

8. Tercatat, tujuh pemain Spanyol gagal mendapatkan gelar juara. Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez menempati peringkat 3 pemain terbaik. Sementara Raul Gonzales, Fernando Torres, dan Andres Iniesta masing-masing hanya sekali masuk nominasi.

9. Ronaldo Luiz Nazario da Lima, tercatat menjadi peraih gelar pemain terbaik dengan empat klub berbeda. Ronaldo merebut Ballon d'Or bersama PSV Eindhoven-Barcelona pada 1996; Barcelona -Inter Milan pada 1997; dan Inter Milan-Real Madrid pada 200.

Kemudian George Weah yang menerima gelar pada tahun 1995 juga sempat bercokol di dua klub berbeda  (Paris Saint-Germain dan AC Milan), seperti halnya Fabio Cannavaro, yang meraih trofi pada 2006 dengan sebelumnya berkaus Juventus serta Real Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini