Sukses

JK Janjikan Asian Games 2018 Semeriah Incheon

Indonesia harus kerja keras agar bisa menyamai kesuksesan Korea Selatan saat selenggarakan Asian Games 2014 di Incheon.

Liputan6.com, Jakarta: Asian Games 2018 akan digelar di 3 lokasi yakni Jakarta, Bandung, dan Palembang. Pemerintah ingin agar penyelenggaraan pesta olahraga itu bisa meninggalkan sebuah warisan budaya untuk generasi selanjutnya.

Wapres Jusuf Kallla mengungkapkan jika fasilitas olahraga di Indonesia sedang dilakukan perbaikan dan pembangunan secara masif. Dia menjanjikan jika Asian Games nanti bakal semeriah perhelatan yang sama di Incheon Korea Selatan pada 2014.

"Jakarta dan Palembang butuhkan perbaikan total. Dua kota ini harus lebih cepat persiapan teknisnya karena ini mempunyai pengaruh yang besar,pusat perhatian. Waktu Asian Games di Incheon, kotanya itu berkobar luar biasa itu, yang nonton itu 1,3 miliar penonton," ungkap JK di kantor wapres, Selasa (23/12/2014)

"Orang akan lihat ini, jadi ini perlu suatu penataan luar biasa yang biasanya ada suatu peninggalan legacy, peninggalan yang kuat seperti Asean Games 50 tahun yang lalu. Kalau tidak ada Asian Games tidak ada Senayan,tidak ada stadion. Tapi kemudian umurnya sudah 50 tahun tentu perlu perbaikan besar-besaran."

Lanjut ke halaman berikutnya---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koordinasi dengan OCA

Koordinasi persiapan penyelenggaran Asian Games juga dilakukan pihak Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo bersama Dewan Olimpiade Asia (OCA) Husain Al Mussalam.

Diperkirakan, 1,3 miliar penonton akan melihat Indonesia.Selain JK yang optimistis dengan penyelenggaraan Asian Games 2018, optimisme sama juga diungkapkan oleh Husain.

Ia mengatakan bila Indonesia bekerja keras maka bisa menggelar acara yang tak kalah meriah dibanding negara lain.

"Kami ingin memastikan kesiapan venue, SDM, dan resource. Saya pikir kita bisa membuat event ini seperti Korea Selatan dan China. Tapi kita harus kerja keras lebih ke tataran praktis sebagai satu tim baik elemen lokal maupun internasional. Kerja bersama dengan indonesia untuk menggelar ajang Asian Games 2018," tegas Husain.

Lanjut ke halaman berikutnya---->

3 dari 3 halaman

Besar Dana Belum Pasti

Sementara itu, soal anggaran persiapan dan penyelenggaraan Asian Games yang akan dilakukan dalam 2 tahun mendatang belum diketahui jumlahnya. Hal ini diungkapkan Rita Subowo.

"Masih belum, masih koordinasi dengan Bappenas," tandasnya.

Nantinya, acara pembukaan Asian Games 2018 akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan ditutup di Stadion Jakabaring, Palembang.

Baca Juga:

Ini Rekor yang Dipecahkan Real Madrid di 2014

Manchester United Ajukan Tawaran Fantastis untuk Bek Real Madrid

Persija Datangkan Mantan Bek Timnas U-23?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini