Sukses

Final Piala AFF : Dramatis, Thailand Juara Piala AFF 2014

Dua gol telat Chappuis dan Songkrasin memberikan Thailand gelar juara pertama setelah menunggu 12 tahun lamanya.

Liputan6.com, Bukit Jalil - Thailand sukses menghapus dahaga gelar selama 12 tahun di Piala AFF 2014. Prestasi manis itu diukir tim asuhan Kiatisuk Senamuang berkat keunggulan agregat 4-3 atas Malaysia di partai final.

Di leg kedua yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (20/12/2014), Thailand mampu membalikkan keadaan secara dramatis. Sempat tertinggal lebih dulu 0-3, tim berjuluk "The War Elephants" akhirnya mampu memperkecil kedudukan jadi 2-3 melalui gol Charyl Chappuis dan Chanathip Songkrasin hanya sepuluh menit jelang laga bubar.

Pemain berdarah Swiss, Chappuis mengubah skor 1-3 saat tendangannya dari sudut sempit menjebol gawang Malaysia di menit ke-82. Gol itu berawal dari bola muntah tendangan bebas pemain Thailand yang tidak mampu diblok secara sempurna oleh kiper Malaysia Farizal Marlias.

Lima menit berselang, giliran "Messi-nya Thailand", Songkrasin menjebol gawang tuan rumah. Tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti mengubah skor jadi 2-3. Skor ini pun bertahan hingga laga berakhir. Dengan kondisi ini, Thailand yang sempat kalah agregat 2-3 dari Malaysia hingga menit ke-82 leg kedua, membalikkan agregat menjadi 4-3 berkat dua gol Chappuis dan Songkrasin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malaysia Sempat Unggul

Sebelum dua gol telat Thailand, "Harimau Malaya" unggul 3-0. Tiga gol itu dilesakkan Safiq Rahim pada menit ketujuh dan 58 serta sundulan kepala pemain veteran Indra Putra Mahayuddin di masa injury time babak pertama.

Sayang, keunggulan 3-0 itu tidak bisa dipertahankan anak asuh Dollah Salleh. Kegagalan itu juga membuat Mahayuddin dan kawan-kawan gagal melakukan comeback seperti babak semifinal lalu.

Susunan Pemain
Malaysia : Farizal Marlias, Kunalan, Shukor, Afif/ Muslim (70), Zubir Azmi, Akil/ Safee Sali (14), Badhri, Safiq Rahim, Yahyah, Indra, Talaha

Thailand : Kawin, Weerawatnodom, Phukhom, Kesarat, Notechalya, Yooyen, Deeprom/ Masuk (63), Chappuis, Songkrasin, Thawikan/ Lahsom (88), Adisak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini