Sukses

Deretan Pemain Ini "Haram" Dapat Kartu Kuning di Liga Champions

Jika mendapatkan kartu kuning, mereka bakal absen di babak 16 besar.

Liputan6.com - Liga Champions telah memasuki matchday keenam babak penyisihan grup. Itu artinya, tinggal selangkah lagi untuk mengumpulkan 16 klub yang akan berlaga di fase knock out (16 besar).

Sejauh ini sudah ada 10 klub yang meraih tiket ke babak 16 besar. Mereka adalah Atletico Madrid, Real Madrid, Arsenal, Borussia Dortmund, Bayern Muenchen, PSG, Barcelona, Chelsea, Porto, dan Shakhtar Donetsk. Sejumlah tim lain dari beberapa grup akan menjalani laga hidup dan mati demi mengikuti langkah 10 kontestan yang sudah lolos.

Namun yang jadi catatan khusus, di matchday keenam ini terdapat beberapa pemain yang tidak boleh menerima kartu kuning. Sebab jika mendapatkan itu, mereka tak bisa tampil di babak 16 besar. Peraturan akumulasi kartu kuning masih berlaku di musim ini. Jika mengoleksi sampai tiga kartu kuning, maka mereka tak bisa bermain dalam satu pertandingan di ajang Liga Champions.

Berikut, adalah pemain-pemain yang sudah memiliki dua kartu kuning hingga terancam absen di laga selanjutnya;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Grup A

Grup A

Di grup A, baru Atletico Madrid yang memastikan diri meraih tiket babak 16 besar. Saat ini tim asuhan Diego Simeone itu sudah memiliki 12 poin, unggul tiga angka dari Juventus dan enam angka dari Olympiakos.

Karena sudah lolos, Atletico tentunya bisa menyimpan tiga pemain yang sudah memiliki dua kartu kuning. Mereka adalah Cristian Ansaldi, Gabi, dan Diego Godin. Peran ketiganya di sektor masing-masing sangat penting apalagi untuk menghadapi ketatnya persaingan di babak 16 besar nanti.

Di sisi lain, Juve dan Olympiakos bakal memperebutkan satu tiket tersisa dari grup A. Skuat I Bianconeri harus waspada, sebab Paul Pogba dan Stephan Lichtsteiner tak boleh lagi mendapatkan kartu kuning di laga nanti. Sementara di kubu Olympiakos, peraturan serupa berlaku untuk Alberto Botia dan Gianis Maniatis

3 dari 9 halaman

Grup B

Grup B

Di grup B, Real Madrid menjadi penguasa klasemen. Sementara tiga tim lainnya, Liverpool, Bael, dan Ludogorets masih berjuang memperebutkan satu tiket yang bisa mengantar ke babak 16 besar.

Para pemain dari skuat Madrid dan Liverpool bisa bernafas lega. Sebab tak ada satupun pemain yang dibayangi hukuman akumulasi kartu kuning.

Namun hal berbeda dirasakan Basel dan Ludogorets. Empat pemain Basel sudah mengantongi dua kartu kuning. Sementara di kubu Ludogorets, hanya dua orang yang terancam absen di laga berikutnya.

4 dari 9 halaman

Grup C

Grup C

Tiga tim yang ada di grup C masih memperebutkan jatah dua tiket ke babak 16 besar. Bayer Leverkusen, AS Monaco, dan Zenit St Peterburg masih memiliki peluang yang sama besar untuk meloloskan diri dari babak penyisihan grup.

Leverkusen yang ada di puncak klasemen sementara harus menginstruksikan agar Emir Spahić dan Guilio Donati bermain hati-hati saat menghadapi Benfica, Rabu (10/12/2014) dinihari WIB. Kedua pemain itu sudah memiliki dua kartu kuning.

Sementara di laga Monaco kontra Zenit, ada enam pemain yang terancam absen jika timnya lolos ke babak 16 besar. Dari kubu Monaco ada Yannick Ferreira-Carrasco, Layvin Kurzawa dan Jeremy Toulalan. Sedangkan di kubu Zenit, ada Domenico Criscito, Hulk dan Javi Garcia

5 dari 9 halaman

Grup D

Grup D

Dua tim dari grup D, Borussia Dortmund dan Arsenal sudah pasti lolos ke fase knock out. Poin keduanya tak bisa lagi dikejar oleh Anderlecht dan juga Galatasaray. Kubu Dortmund tak perlu khawatir. Sebab tidak satupun pemain Die Borussen yang memiliki dua kartu kuning.

Sementara di kubu Arsenal, ada Nacho Monreal dan Mathieu Flamini yang terancam absen di babak 16 besar. Monreal mendapatkan kartu kuning di laga kandang dan tandang melawan Anderlecht. Sementara Flamini, ia menerima hukuman tersebut saat menghadapi Besiktas (babak kualifikasi) dan Galatasaray.

6 dari 9 halaman

Grup E

Grup E

Tiga tim di grup E yakni AS Roma, Manchester City dan CSKA Moskow memiliki kans yang sama untuk lolos ke babak 16 besar. Sayangnya, beberapa pemain dari tiga tim itu harus tampil berhati-hati agar tidak diskorsing jika nanti timnya melaju dari babak penyisihan grup.

Roma dan City yang akan bertarung pada Rabu (10/12/2014) dinihari sama-sama mengkhawatirkan kondisi dua pemainnya. Di kubu Roma, ada Maicon dan Radja Nainggolan yang sudah mengantongi dua kartu kuning. Sementara di kubu City, ada Gael Clichy dan Pablo Zabaleta.

Namun sepertinya mereka tidak mempedulikan masalah tersebut. Laga Roma kontra City diyakini akan berjalan keras. Sebab pemenang di laga ini sangat berpeluang untuk menemani Bayern Muenchen ke babak 16 besar.

Sementara itu, hanya Roman Eremenko satu-satunya pemain CSKA yang telah mendapatkan dua kartu kuning. Adapun Muenchen, tak satupun pemain mereka yang terancam absen di pertandingan selanjutnya.

7 dari 9 halaman

Grup F

Grup F

Barcelona dan Paris Saint Germain (PSG) memastikan diri sebagai wakil dari grup F yang lolos ke babak 16 besar. Keduanya akan melakoni laga 'formalitas' pada Kamis (11/12/2014) dinihari WIB.

Dibanding yang lainnya, persaingan di grup F terbilang paling aman. Di skuat PSG tak ada satupun yang memiliki dua kartu kuning. Sedangkan di Barcelona, hanya Dani Alves yang sudah mengantongi tiga kartu kuning.

8 dari 9 halaman

Grup G

Grup G

Chelsea sukses meloloskan diri dari babak penyisihan grup F. Satu tiket tersisa akan diperebutkan dua tim yakni Schalke 04 dan Sporting Lisbon. Tiga pemain Schalke, Kevin-Prince Boateng, Marco Hoger, dan Klaas-Jan Huntelaar sudah mendapatkan dua kartu kuning. Sementara di kubu Sporting, ada empat orang yakni Mauricio, Cedric Alves Soares, João Mário, dan William Carvalho.

Chelsea sendiri berada dalam kondisi yang cukup aman. Sebab hanya Filipe Luis yang telah menerima hukuman dua kartu kuning. Jika ia sampai terkena skorsing, Chelsea masih memiliki Cesar Azpilicuta untuk menghuni posisi bek kiri.

9 dari 9 halaman

Grup H

Grup H
Di grup H, Porto dan Shaktar Donetsk keluar sebagai pemenang. Keduanya berhasil lolos dari babak penyisihan grup dan berhak melaju ke fase knock out.

Namun di matchday terakhir nanti, dua pemain Porto yakni Danilo dan Maicon Roque harus berhati-hati karena mereka bisa terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Ancaman itu juga berlaku pada empat penggawa Shaktar yaitu Luiz Adriano, Olexandr Kucher, Darijo Srna, dan Taras Stepanenko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.