Legenda Italia Sebut Manuel Neuer Sulit Menangkan Ballon d'Or

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 04 Des 2014, 19:20 WIB

Liputan6.com, Roma - FIFA telah merilis tiga kandidat peraih Ballon d'Or 2014 pada pekan ini. Ketiga pemain itu adalah adalah Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer. Ronaldo yang merupakan bintang Real Madrid dan Portugal adalah peraih Ballon d'Or 2013. Sementara Messi yang berkebangsaan Argentina dan bermain di Barcelona selama empat tahun berturut-turut, yakni dari 2009 hingga 2012, penerima penghargaan bergengsi individual tersebut.

Sedangkan Neuer belum pernah meraih Ballon d'Or. Pria berusia 28 tahun itu adalah kiper Bayern Muenchen dan Timnas Jerman. Legenda Italia, Dino Zoff, pesimistis Neuer bisa merebut Ballon d'Or dari tangan Ronaldo.

Prestasi Neuer musim ini bersama Muenchen dan Timnas Jerman memang cukup mengagumkan. Dengan Muenchen, Neuer meraih gelar juara Bundesliga 2013-14. Sedangkan bersama Timnas Jerman, ia menggondol trofi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil, Juni-Juli lalu.

Tapi, Neuer dinilai masih kalah kelas dari Ronaldo dan Messi. "Neuer tampil baik dan layak mendapatkan Ballon d'Or. Tapi, untuk memenangkannya sangat sulit. Dia harus bersaing dengan dua fenomena, Ronaldo dan Messi. Saya tidak berpikir dia bisa menang," kata Zoff, dikutip dari Goal, Kamis (4/12/2014).



Mantan kiper Timnas Italia tersebut menilai kalau Neuer mirip dengan dirinya pada 1974. Saat itu, Zoff yang tampil baik sepanjang kompetisi 1973 dinilai pantas mendapatkan Ballon d'Or. Namun nyatanya, dia kalah dari legenda Barcelona asal Belanda, Johan Cruyff.

"Ini juga pernah terjadi dengan saya ketika di 1973. Saya adalah calon kuat pemenang Ballon d'Or. Tapi begitu ada Cruyff, dia yang menang," pria berusia 72 tahun tersebut mengakhiri.

Baca juga:
Cara Persib Cegah Kasus Ferdinand Sinaga Terulang
Ternyata Persib Berniat Rekrut Bambang Pamungkas
Roy Keane Tuntut Permintaan Maaf dari Ferguson