Sukses

Live dari Hanoi: Riedl Fokus Kembalikan Fisik Pemain

Pemain inti hanya berlatih selama setengah jam.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia kembali berlatih setelah bertanding menghadapi Vietnam di pertandingan pertama babak penyisihan grup Piala AFF 2014.

Pada latihan Minggu pagi ini, pelatih Alfred Riedl menggenjot fisik pemain. Riedl menginstruksikan pada pemain untuk jogging mengitari lapangan latihan. Riedl membagi menjadi dua kelompok.

Tim yang bertanding melawan Vietnam di latih langsung oleh Riedl. Sedangkan, pemain yang dicadangkan di partai pertama diawasi asisten pelatih Widodo Cahyono Putro. Riedl meminta pemain mengendalikan bola dengan kepala. Bola tidak boleh jatuh dari kepala masing-masing.

Untuk tim kedua, pelatih meminta pemain melakukan umpan panjang dan sprint mengejar bola. Cristian Gonzales dan Evan Dimas mendapat instruksi khusus. Begitu juga bek Victor Igbonefo .

Pelatih kiper, Edi Harto bertugas meminta tiga kiper mengantisipasi bola crossing. I Made Wirawan, Kurnia Meiga dan Dian Agus Prasetyo beberapa kali dites memetik bola. Setelah itu mereka diminta menepis bola tendangan spekulasi yang dilepaskan Gonzales.

Di akhir sesi latihan, Riedl membagi dua kelompok. Pemain tanpa rompi merupakan pemain yang menjadi starter di pertandingan pertama.

Sang pelatih tidak menyangkal bila menu latihan ini lebih mengutamakan mengembalikan fisik pemain. "Pemain inti yang latihan hanya setengah jam. Selebihnya pemain cadangan sejam. Latihan ini untuk recovery."

Riedl percaya, pertandingan melawan Filipina sangat menuntut fisik. "Saya percaya Filipina memiliki fisik yang berbeda mereka bagus saat melawan Laos tapi tidak luar biasa. Peluang kami Indonesia 50-50. Pemain yang bagus di Filipina nomer 10 (Phil Younghusband) dia pemain yang cerdas," ujar Riedl.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.