Sukses

Ditumbangkan Australia, Timnas U-19 Gagal ke Piala Dunia

Indonesia kalah tipis dari Australia.

Liputan6.com, Yangoon - Mimpi tim nasional Indonesia U-19 untuk lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru pada 2015 mendatang sudah tertutup. Timnas U-19 kembali menelan kekalahan 0-1 atas Australia U-19 di fase grup Piala Asia U-19, Myanmar pada Minggu (12/10/2014).

Di babak pertama, skuat asuhan Indra Sjafri berhasil mendapat peluang cepat di menit ke-5. Penyerang Muchlis Hadi yang bergerak di sisi kiri penyerangan Indonesia berhasil mengirimkan tembakan terukur ke gawang Australia, namun dengan sigap penjaga gawang Australia menangkapnya.

Meski mampu menguasai bola di lini tengah, Indonesia masih kesulitan menembus barisan pertahanan Australia. Malah Australia yang mampu mengancam gawang Ravi Murdianto.

Menit ke-19 upaya Australia melalui Jaushua Sotirio nyaris membuahkan gol. Ia berhasil menanduk umpan dari tendangan sudut, beruntung ada Fathurahman di garis gawang yang mengalau bola.

Lagi-lagi Jaushua mendapat peluang emas. Ia hampir mampu mengecoh Ravi di dalam kotak penalti, namun tangan Ravi mampu menjangkau bola, gawang Indonesia pun masih aman.

Paulo Sitanggang di menit ke-47 hampir membuka keunggulan. Ia melancarkan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun usahanya masih digagalkan penjaga gawang Australia.

Hingga turun minum skor imbang 0-0 tetap bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Babak kedua, Indonesia U-19 tampil lebih tenang. Evan Dimas dan kawan-kawan mampu menguasai bola di lini tengah.

Menit ke-52, Evan Dimas mencoba menerobos melalui sisi kanan pertahanan Australia, ia berhasil melewati dua pemain Australia, kemudian mengirimkan bola ke tengah, namun tidak ada satupun pemain Indonesia di sana.

Dua menit berselang giliran Muchlis yang beroperasi di sisi kiri penyerangan Indonesia mengirimkan sepakan terukur ke gawang Australia. Namun kesigapan penjaga gawang Australia masih mampu menghalau usaha Muchlis.

Australia mengancam melalui serangan balik. Brandon Borrello mampu menerobos masuk ke dalam kotak penalti Indonesia, namun bola yang terlampau jauh dari kakinya masih mampu dihalau Ravi Murdianto.

Peluang emas Indonesia hadir di menit ke-56. Diawali pergerakkan Ilham Udin dari sisi kanan penyerangan Indonesia, barisan pertahanan Australia nampak kerepotan menghalaunya. Bola liar hasil usaha Ilham mampu disambar Evan Dimas, namun sepakannya masih ditepis kiper Australia.

Saling jual beli serangan dilancarkan kedua tim. Namun Australia berhasil mencuri keunggulan lebih dulu.

Di menit ke-66, Australia berhasil memimpin melalui Jaushua Sotiro. Ia sukses menyarangkan gol ke gawang Ravi usai menyambut umpan terukur dengan sepakan kaki kirinya. Skor 1-0 untuk keunggulan Australia.

Tidak berhenti di situ, menit ke-70, Awer Mabil, mengancam gawang Indonesia. Tendangan kerasnya dari sisi kiri pertahanan Indonesia masih mengenai tiang.

Hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 untuk kemenangan Australia U-19 masih bertahan. Akibat hasil ini, peluang Indonesia untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-19 2014 sudah tertutup.

Susunan pemain Timnas U-19:
Ravi Murdianto; Putu Gede, Hansamu Yama, Sahrul Kurniawan, Fathurohman; Evan Dimas, Paulo Sitanggang (Hendra Sandi), Hargianto; Ilham Udin, Muchlis Hadi (Septian David), Dinan Yahdian (Dimas Drajad).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.