Sukses

Bolton Turunkan Tim Cadangan

Gary Megson membuktikan janjinya: memprioritaskan premiership dibanding kompetisi Eropa. Bertandang ke Estadio Jose Alvalade, markasnya Sporting Lisbon di leg kedua babak 16 besar UEFA Cup, nanti malam, Bolton Wanderers bakal tampil tanpa 12 pemain inti.

Boleh dibilang, susunan skuad Bolton Wanderers yang bakal diturunkan manajer tim, Gary Megson, saat menghadapi Sporting Lisbon di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Kamis (13/3) malam nanti, di leg kedua babak 16 besar UEFA Cup adalah bunuh diri.

Tak heran jika Megson ‘menganaktirikan’ kompetisi Eropa dibanding kompetisi lokal, Liga Premier. Sebelum leg pertama di Reebok Stadium, 6 Maret lalu (berakhir imbang 1-1), Megson telah memberikan sinyal tegas bakal lebih memfokuskan diri terhadap performa tim di premiership (Baca: Megson Prioritaskan Premiership).

Setelah menyelesaikan 28 laga, The Trotters terjerembab di zona degradasi, dengan jumlah 25 poin. Mengingat lima tim di atasnya—Birmingham City, Sunderland, Newcastle United, Reading, dan Wigan Athletic—telah melakoni 29 partai, Bolton punya peluang besar untuk menyalip kelima tim tersebut sembari menjauhi zona degradasi saat ‘perang bubat’ melawan The Latics di JJB Stadium, Minggu, 16 Maret.

Untuk itu, dalam leg kedua nanti malam, Megson bakal mengistirahatkan sebagian besar pemainnya sebagai persiapan menghadapi Wigan. Seperti yang dilansir The Times Online, skuad Megson tiba di Portugal tanpa 12 pemain intinya. Kevin Davies, Matt Taylor, Andy O’Brien, Ivan Campo, El-Hadji Diouf, dan Ricardo Gardner tetap tinggal di Bolton.

Pun begitu pula dengan kiper utama, Jussi Jaaskelainen dan kapten tim Kevin Nolan yang mengalami cedera punggung saat leg pertama. Sementara, Gavin McCann, pencetak satu-satunya gol di Reebok Stadium, sedang terkena hukuman akumulasi kartu. Tiga pemain lainnya, Tamir Cohen, Grzegorz Rasiak dan Gretar Steinsson tidak dapat bertanding karena cup-tied.

Meski menurunkan tim cadangan, Megson optimis anak-anak asuhannya masih mampu mencetak gol dan meraih kemenangan di kandang Sporting. Megson menunjuk keberhasilan tim kelas duanya saat bermain imbang 2-2 dengan Bayern Muenchen di Allianz Arena, 8 November 2007, dan ketika mengungguli Red Star Belgrade 1-0 di Beograd, 6 Desember 2007 dalam partai di babak penyisihan Grup F.

“Tim kami punya kapabilitas untuk mencetak gol. Meski Lisbon tim yang berkualitas, kami telah berpengalaman menyiasati kesulitan yang kami hadapi sebelumnya. Tatkala kami berhasil menahan imbang Bayern, kami melakukannya tanpa 10 pemain inti yang cedera. Begitu pula ketika kami berkunjung ke Beograd. Fakta itu menunjukkan kami punya sekumpulan pemain yang tangguh. Tentu, sebisa mungkin saya bakal menurunkan tim terbaik yang bisa dimainkan di dua ajang kompetisi. Tapi, target kami sekarang ini adalah partai Wigan,” tegas Megson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini