Sukses

`MU Cocok dengan Formasi 3-5-2`

Smalling mengatakan, taktik baru dari Van Gaal membuat pemain MU bebas bergerak.

Liputan6.com, Washington DC: Bek Manchester United, Chris Smalling menegaskan, skuat Setan Merah sangat cocok dengan formasi yang diterapkan oleh manajer baru, Louis Van Gaal.

Kedatangan Van Gaal di Stadion Old Trafford menciptakan banyak perubahan. MU yang awalnya terbiasa dengan formasi 4-4-2 atau 4-4-1-1, kini harus belajar menerapkan 3-5-2.

Formasi baru itu berdampak positif bagi Juan Mata dan kawan-kawan. Selama tur pramusim di Amerika Serikat, MU belum menelan kekalahan. Tercatat, MU menang telak 7-0 atas LA Galaxy, membenamkan AS Roma 3-2 dan menang dalam drama adu penalti melawan Inter Milan dengan skor 5-3.

Embrace: Fletcher hugs Michael Keane after converting the decisive penalty in Washington

Formasi 3-5-2 merupakan taktik yang juga diterapkan Van Gaal saat masih mengarsiteki Timnas Belanda di Piala Dunia 2014.

"Kami sangat menantikan bermain dengan formasi ini. Kami jelas melihat keberhasilan Belanda di Piala Dunia. Itu memberikan kami keyakinan kalau MU bisa menerapkannya dan melakukan pekerjaan dengan baik," ucap Smalling, dikutip dari Sports Mole.

"Kami belajar dan membuat perbaikan secara bertahap setiap hari. Kini kami menjadi lebih baik," sambung bek berusia 24 tahun tersebut.

Smalling menegaskan, formasi 3-5-2 membuat para pemain Setan Merah memiliki kebebasan untuk bergerak di lapangan hijau. "Saya pikir, formasi ini lebih hebat dari taktik tradisional 4-4-2. Sebab, memberikan kami kebebasan untuk menyerang dan bermain agresif," dia mengakhiri.

Baca Juga:

Suarez Pergi, Sturridge Siap Jadi Tumpuan

Drogba Hadir, Mourinho Cari Tumbal

Sejarah Terulang, Singapura Kalahkan Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini