Sukses

5 Gambaran Pola Permainan MU Era Van Gaal

MU tampil meyakinkan di pertandingan pra musim melawan LA Galaxy. Bagaimana performa MU selanjutnya?

Liputan6.com, Manchester United tampil meyakinkan di tur pra musim yang berlangsung di Amerika Serikat. Pelatih baru MU, Louis Van Gaal menorehkan debut meyakinkan. MU sukses mengalahkan raksasa Major League Soccer (MLS) dengan skor 7-0.

Dilansir dari Soccerswep, setidaknya terdapat 5 gambaran pola permainan MU musim 2014-15 di bawah asuhan Van Gaal. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengaruh Van Gaal

1. Faktor motivasi Van Gaal

Dari pertandingan tersebut terlihat nyata, motivasi Van Gaal memberikan warna baru bagi permainan MU. Motivasi sang menajer menjadi bagian terpenting. Van Gaal telah membuktikan ucapan "MU tim saya sekarang." Van Gaal membuat MU berkembang lewat beragam eksperimen dan alternatif formasi. Van Gaal mengembangkan pola 3-5-2 dan 5-3-2.

Dan hasilnya cukup menjanjikan setelah sukses menumbangkan LA Galaxy 7-0. Diharapkan MU bisa berbicara lebih banyak di Premier League 2014-15.

3 dari 6 halaman

Trio Jones-Smalling-Evans di Sektor Pertahanan

2.  Lini belakang diisi trio Jones-Smalling-Evans

Phil Jones, Chris Smalling, dan Jonathan Evans tampil sebagai starter saat menghadapi LA Galaxy. Tiga pemain itu mampu berkolaborasi apik. Van Gaal seolah ingin memperlihatkan, tidak ada masalah di barisan belakang  The Red Devils seperti pandangan banyak orang.

Untuk memperkuat sektor tersebut Matt Hummels, Stefan de Vrij dan Thomas Vermaelen bisa menambah ketangguhan MU di barisan belakang.

4 dari 6 halaman

Dany Welbeck Bisa Jadi Andalan

3. Dany Welbeck mulai menjadi andalan

Dany Welbeck tampaknya tidak akan menjadi penghangat bangku cadangan MU. Pelatih Louis Van Gaal diprediksi mulai sering menampilkan Welbeck. Kendati baru tampil satu pertandingan dan mencetak 1 gol, Welbeck  bisa menjadi alternatif pilihan Van Gaal di barisan depan. Wayne Rooney dan Robin Van Persie akan  mendapat pesaing serius.

5 dari 6 halaman

Herrera dan Mata Reguler di Tim Inti

4.  Ander Herrera dan Juan Mata

Ander Herrera, meski berstatus sebagai pemain baru MU mulai menunjukkan kapasitasnya pantas menghuni Theater of Dream. Saat menghadapi LA Galaxy, Herrera sukses memberikan dua assist bagi dua gol terakhir Ashely Young. 

Begitu pun dengan Juan Mata. Bila menunjukkan grafik  stabil, bukan tidak mungkin,  mantan pemain Chelsea itu bisa menjadi pemain reguler MU.

6 dari 6 halaman

Beragam Pilihan Formasi

5.  Formula tepat Van Gaal

Meski baru pertandingan pra musim, Van Gaal sepertinya sudah menemukan formula strategi yang tepat sesuai kebutuhan dan materi pemain dalam tim.

Juan Mata dan Shinji Kagawa mulai nyaman dengan pola 5-3-2 racikan Van Gaal. Tidak seperti di era pelatih David Moyes, Mata dan Kagawa tidak nyaman bermain melebar. Formasi ini juga memberikan Welbeck bermain lebih leluasa ke tengah.

MU tetap bisa bermain lebih ke tengah mengandalkan Antonio Valencia. Selain itu, seiring berjalannya waktu beradaptasi Luke Shaw seharusnya bisa menjalankan peran sebagai full-back yang bisa menyerang dari sektor sayap. MU juga memiliki Reece James.

Baca Juga:
Formasi Sempurna Van Gaal Ubah Kekuatan MU
Kisah Van Gaal (II): Membual Seperti Cryuff Demi Tim Inti Ajax
Aksi "Nakal" Van Gaal Intip Dada Presenter Terekam Kamera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.