Wasit kontroversial Pimpin Duel Belanda vs Argentina

Oleh Liputan6 pada 08 Jul 2014, 20:41 WIB

Liputan6.com, Sao Paulo: oleh Adam Faisal

FIFA mengumumkan wasit untuk memimpin pertandingan antara Belanda melawan Argentina di Arena Corinthinas, Sao Paulo, Rabu (9/7/2014). Wasit asal Turki, Cuneyt Cakir ditunjuk untuk memimpin laga tersebut.

Wasit berusia 37 tahun itu sudah menjadi pengadil pada pertandingan Brasil kontra Meksiko dan Aljazair melawan Rusia. Pertandingan nanti akan menjadi laga ketiga Cakir memimpin laga di Piala Dunia 2014.

Pria asal Turki tersebut pertama kali mengawali karier sebagai wasit dalam laga internasional pada 2006. Wasit kelahiran Istanbul itu sudah beberapa kali terlibat dalam kejuaraan besar, seperti Piala Dunia U-20 2011, Piala Eropa 2012, dan Piala Dunia Antarklub 2012.

Cakir akan dibantu oleh Bahattin Duran dan Tarik Ongun sebagai hakim garis. Sementara wasit asal Swedia, Jonas Eriksson, ditunjuk sebagai ofisial keempat.

Pada 5 Maret 2013, ia pernah menuai kontroversi, Cakir pernah dinilai terlalu keras saat memberikan kartu merah kepada Luis Nani pada laga Manchester United melawan Real Madrid. Keputusan Cakir sempat membuat marah manajer Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson.

Pada tahun sebelumnya Cakir juga membuat keputusan kontroversial dengan memberikan kartu merah kepada John Terry saat melawan Barcelona di ajang Liga Champions tahun 2012.

Baca Juga:
5 Pemain Top yang Pensiun Dini karena Cedera
Membedah Titik Lemah 4 Tim di Babak Semifinal Piala Dunia
Aplikasi Microsoft Prediksi Jerman Kalahkan Brasil