Sukses

Ini Calon Wasit Final Piala Dunia 2014

Dalam sejarahnya, belum ada wasit yang pernah diberikan dua final Piala Dunia.

Liputan6.com, Sao Paulo: Howard Webb merupakan salah satu dari 15 wasit yang dipertahankan untuk empat laga terakhir Piala Dunia 2014. Seperti yang dilaporkan Guardian pada Senin (7/7/2014), wasit asal Inggris itu rencananya bakal menjadi pengadil di partai final.

Dari 15 wasit yang tersisa, hanya satu berasal dari salah satu negara semifinalis, yakni Sandro Meira Ricci dari Brasil. Di mana, Brasil akan bertemu Jerman di Belo Horizonte pada Selasa, 8 Juli 2014.

Namun pastinya Ricci tidak akan mengadili pertandingan tersebut. Namun wasit asal Meksiko, Marco Rodriguez yang didaulat menjadi penengah pertempuran dua raksasa dunia itu.

Sementara untuk semifinal lainnya antara Belanda dengan Argentina, FIFA belum memutuskan siapa pengadil duel yang akan berlangsung di Sao Paulo tersebut.  Sejauh ini, Webb sudah memimpin dalam dua pertandingan yaitu ketika Kolombia menang 2-1 atas Pantai Gading di babak penyisihan grup, serta pertemuan Brasil dan Chile di babak 16 besar.

Webb sempat berada dalam tekanan saat menengahi pertandingan Brasil versus Chile. Namun pada akhirnya, ia menerima pujian setelah menganulir gol Hulk karena dianggap handball.

Sebelumnya, Webb merupakan pemimpin final Piala Dunia 2010 antara Spanyol versus Belanda. Dalam sejarahnya, belum ada wasit yang pernah diberikan dua final Piala Dunia. Jika Webb mendapat tugas tersebut maka ia akan menjadi wasit pertama yang pernah memimpin dua partai puncak Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.