Sukses

Wasit Kontroversial Howard Webb Pimpin Laga Brasil Vs Chile

Webb selama ini dikenal sebagai wasit kontroversial selama memimpin pertandingan di Liga Premier Inggris.

Liputan6.com, Belo Horizonte - Oleh: Arief Permana

Babak perdelapan final Piala Dunia 2014 akan dimulai pada malam nanti. Laga antara tuan rumah Brasil kontra Chile akan menjadi pembuka dalam fase knock out ini.

Laga panas itu akan dipimpin wasit Howard Webb. Wasit asal Inggris itu akan menjadi pengadil di laga yang akan digelar di Estádio Mineirão, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014).

Webb selama ini dikenal sebagai wasit kontroversial selama memimpin pertandingan di Liga Premier Inggris. Keputusannya kerap merugikan pihak-pihak tertentu.

Pada Januari 2011, Webb menjadi musuh utama Liverpudlian. Webb dianggap menjadi aktor utama kekalahan Liverpool dari musuh bebuyutan, Manchester United (MU) 1-2.

Manajer Liverpool saat itu, Kenny Dalglish bahkan mengkritik keputusan Webb yang memberikan MU penalti setelah Daniel Agger melanggar Dimitar Berbatov.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didegradasi

Label Webb sebagai wasit "pendukung" MU kian melekat. Itu ditunjukkan pada Februari 2012 silam setelah Chelsea imbang 3-3 melawan MU.

Andre Villas-Boas yang saat itu menangani Chelsea berang karena Webb memberikan dua penalti kepada MU. Menurut dia, keputusan Webb tidak masuk akal. Terutama pelanggaran Branislav Ivanovic kepada Danny Welbeck.

Namun,  Nasib buruk pernah dialami Webb pada April 2013. Webb terpaksa didegradasi dari Premier League dan sementara waktu memimpin pertandingan League One akibat kesalahannya saat memimpin pertandingan antara Newcastle United vs Sunderland.
http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/660994/original/000_DV1372877.jpg
Keputusan kontroversial lainnya adalah saat memimpin laga antara Arsenal dan Liverpool di Babak V Piala FA pada Februari 2014. Saat itu, fans Liverpool berang karena wasit 42 tahun itu tidak memberikan penalti menyusul pelanggaran Alex-Oxlade Chamberlain terhadap Luis Suarez saat pertandingan memasuki babak kedua.

Sedangkan, pendukung Arsenal bertanya-tanya karena Webb tidak memberikan kartu kuning kedua kepada Steven Gerrard setelah melakukan pelanggaran kepada Chamberlain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini